Meminimalisir Kelalaian, Perusahaan Wajib Memiliki Aplikasi WLKP

- Senin, 17 Januari 2022 | 16:58 WIB
epala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopnakertrans) Provinsi NTT Silvy Peku Djawang.
epala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopnakertrans) Provinsi NTT Silvy Peku Djawang.

KUPANG, VICTORY NEWS - Dalam meminimalisir kelalaian kewajiban perusahaan, Pemerintah Provinsi (Pemrov) NTT melalui Dinas Koperasi, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Diskopnakertrans) Provinsi NTT menegaskan setiap perusahaan diwajibkan untuk memiliki aplikasi Wajib Laporan Ketenagakerjaan Perusahaan (WLKP).

Sesuai Undang-undang Nomor 7 Tahun 1981 tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan, setiap perusahaan memiliki kewajiban untuk melaporkan secara tertulis pada saat mendirikan, menghentikan, menjalankan kembali, memindahkan atau membubarkan perusahaan.

Setiap perusahaan wajib melaporkan setiap tahun secara tertulis mengenai ketenagakerjaan kepada menteri atau pejabat yang telah ditunjuk.

Baca Juga: Kantor Pajak Kupang Beri Layanan PPS

Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopnakertrans) Provinsi NTT Silvy Peku Djawang kepada Victory News, Senin (17/1/2022) mengatakan, dalam laporan harus memuat keterangan identitas perusahaan, hubungan ketenagakerjaan, perlindungan ketenagakerjaan, kesempatan kerja dan lain sebagainya.

Dia mengatakan, wajib lapor perusahaan memiliki arti yang cukup penting bagi perusahaan. Apabila perusahaan lalai dalam menjalankan kewajiban ini, maka akan dikenakan sanksi. "Untuk itu saat ini kita lagi gencar WLKP tersebut," kata Silvy.

Menurutnya, aturan ini disadur dari Kementrian Ketenagakerjaan RI yang telah mengeluarkan aplikasi-aplikasi itu yang harus dipergunakan oleh seluruh perusahaan.

Baca Juga: Kasus Astri Lael, Buang Sine : Randi Bukan Pelaku Pembunuhan

Hal ini perlu dilakukan sebab, ada perusahaan yang melaporkan secara sembarangan dan tidak sesuai.

"Nah ini yang sedang kita kerjakan. Dengan adanya aturan ini kita dapat melakukan pemantauan dan pengawasan lebih mudah karena sudah didaftarkan oleh WLKP online," ujarnya.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

KM Nusantara 108 Gantikan Rute KM Sirimau

Kamis, 19 Mei 2022 | 12:16 WIB
X