Nelayan Harus Bangga dengan Potensi Kepiting Bipolo

- Selasa, 10 Mei 2022 | 19:40 WIB
Peneliti Pengembangan Budidaya Perairan Undana, Franchy Christian Liufeto saat menyerahkan bubu kepada warga di Desa Bipolo, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Selasa (10/5/2022). (Alfret Otu  victorynews.id)
Peneliti Pengembangan Budidaya Perairan Undana, Franchy Christian Liufeto saat menyerahkan bubu kepada warga di Desa Bipolo, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Selasa (10/5/2022). (Alfret Otu victorynews.id)

OELAMASI, VICTORY NEWS-Masyarakat khususnya nelayan di Desa Bipolo, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, NTT harus bangga dengan potensi Kepiting Bipolo.

Pasalnya, sudah ada nelayan dari Bipolo yang menjual kepiting Bipolo hingga ke mancanegara.

Hal tersebut disampaikanPeneliti Pengembangan Budi Daya Perairan Fakultas Perikanan Undana, Franchy Christian Liufeto dalam kegiatan pembukaan budi daya kepiting bakau di Desa Bipolo, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga: DPRD Ende Tetapkan Oktavianus Moa Mesi Jabat Wakil Ketua I

Menurutnya, pada zaman dahulu sudah ada orang Bipolo yang membawa kepiting sampai pasar Hongkong dan Shanghai.

"Itu yang perlu dibanggakan oleh orang Bipolo dan itu sudah terjadi sejak dulu sehingga harus dibangkitkan lagi," ungkap dia.

Selain itu, lanjut dia, kepiting Bipolo dahulu juga diekspor ke Jawa dan Bali dalam jumlah yang sangat banyak. Hal tersebut harus dibangkitkan lagi.

Baca Juga: Balai Karantina Akan Temui Gubernur NTT, Antisipasi Masuknya Wabah PMK

Apalagi saat ini, kata dia, permintaan pasar untuk kepiting cukup tinggi. Sehingga kepiting Bipolo harus dibudidayakan lagi agar tidak habis dan punah.

Pihak kampus Undana mendukung masyarakat Kecamatan Sulamu khususnya Desa Bipolo untuk terus mempromosikan produk unggulan Kabupaten Kupang khususnya kepiting. ***

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meja Rias Minimalis untuk Tampilan Makin Modis

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:10 WIB

Bank NTT Bantu Pasarkan Produk UMKM ETF 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:36 WIB

WASPADA! Inflasi NTT Melonjak

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:12 WIB
X