Perdana, TNI AU Ikut Latihan Penanganan Terorisme di Pesawat di Yordania

- Senin, 23 Mei 2022 | 12:09 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Yordania berbincang dengan anggota TNI AU yang mengikuti latihan KASOTC di Yordania.  (kemlu.go.id)
Duta Besar Indonesia untuk Yordania berbincang dengan anggota TNI AU yang mengikuti latihan KASOTC di Yordania. (kemlu.go.id)

AMMAN, VICTORYNEWS - Untuk pertama kalinya Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) mengikuti pelatihan Aircraft Assault Course for Special Force di King Abdullah II Special Operations Training Center (KASOTC) di Yordania.

Tercatat sebanyak delapan anggota Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU mengikuti pelatihan KASOTC atau pelatihan penanganan aksi terorisme di atas pesawat itu.

Baca Juga: Kemajuan Dunia Teknologi Ciptakan Mental Cari Gampang

Dilansir victorynews.id dari laman resmi kemlu.go.id, Senin (23/5/2025), pelatihan tersebut berlangsung selama dua minggu, dengan materi teori dan praktek dalam penanganan aksi terorisme di pesawat penumpang sipil.

Dalam penutupan yang diselenggarakan pada Kamis (19/5/2022), Duta Besar RI Amman Ade Padmo Sarwono, Direktur Jenderal KASOTC Brigadir Jenderal Ra'd Doura dan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes AURI turut hadir.

Baca Juga: Deken Lembata, Romo Sinyo da Gomes: Manfaatkan Medsos Secara Bertanggung Jawab

Brigjen Ra'd Doura menjelaskan bahwa KASOTC adalah tempat latihan bertaraf internasional yang telah melatih pasukan khusus dari berbagai negara dalam penanganan aksi terorisme yang disimulasikan dalam beberapa skenario latihan sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Keikutsertaan Kopasgat TNI AU dalam pelatihan di KASOTC merupakan yang pertama kali, dan diharapkan kedepannya dapat dilanjutkan serta dapat diikuti oleh satuan lainnya dari TNI, sebagai bentuk realisasi untuk meningkatkan kerja sama kedua negara, khususnya pelatihan peningkatan kemampuan di bidang militer.

Baca Juga: Hari Pertama Kerja, Penjabat Bupati Flores Timur Temui GM PLN NTT

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Sumber: kemlu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X