Ombudsman NTT Sebut Hanya 6 Kabupaten/kota Laik Uji Kir Kendaraan

- Senin, 23 Mei 2022 | 18:59 WIB
Ketua Komisi Ombudsman Perwakilan NTT Darius Beda Daton saat mengunjungi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB)  di Kelurahan Belo, Kota Kupang, NTT. (Dok.Ombudsman NTT)
Ketua Komisi Ombudsman Perwakilan NTT Darius Beda Daton saat mengunjungi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) di Kelurahan Belo, Kota Kupang, NTT. (Dok.Ombudsman NTT)

KUPANG, VICTORY NEWS-Komisi Ombusman RI Perwakilan NTT menyebut dari 22 Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) di seluruh kabupaten/kota yang ada di NTT, hanya 6 yang laik untuk dilakukan pengujian kendaraan bermotor atau Kir.

Kepala Ombudsman Perwakilan NTT Darius Beda Daton mengatakan sejak 1 Januari 2021, hanya 6 UPUBKB di 6 kabupaten/kota di NTT yang diizinkan melaksanakan kegiatan uji kendaraan.

"Keenam kabupaten/kota itu adalah Kota Kupang, Kabupaten TTS, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sikka, Kabupaten Kupang dan Kabupaten Lembata," ujarnya kepada Victorynews.id, Senin (23/5/2022).

Padahal, kata Darius, UPUBKB berperan penting untuk menjamin kendaraan yang berkeselamatan.

Baca Juga: Besok, Pansus Mulai Uji Petik Program Pemkot Kupang

Pasalnya, UPUBKB menjadi garda terdepan dalam pengawasan kendaraan bermotor dalam melakukan uji berkala.

"Perlu diketahui, untuk menjamin kendaraan yang berkeselamatan, semua kendaraan terutama kendaraan niaga dan angkutan umum wajib melakukan pengujian kendaraan bermotor secara berkala enam bulan sekali di unit layanan Kir terakreditasi," jelas Darius.

Sementara, Di NTT mempunyai 22 unit pelaksana uji KIR. Mirisnya, dari jumlah ini hanya ada 6 unit pelaksana uji Kir di 6 kabupaten/kota yang telah terakreditasi dan memenuhi syarat melakukan uji berkala kendaraan bermotor.

Dengan demikian, untuk seluruh kendaraan bermotor di Pulau Flores, hanya bisa melaksanakan uji berkala di Maumere, Kabupaten Sikka. 

Baca Juga: Kabar Terbaru: Presiden Jokowi Dipastikan Bermalam di Ende

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meja Rias Minimalis untuk Tampilan Makin Modis

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:10 WIB

Bank NTT Bantu Pasarkan Produk UMKM ETF 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:36 WIB

WASPADA! Inflasi NTT Melonjak

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:12 WIB
X