Jokowi Ingin RI Jadi Produsen Utama Produk Berbasis Nikel, PLN Siap Dukung dengan Listrik Andal

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:07 WIB
Presiden Jokowi saat  meninjau pembangunan proyek Grand Package Konsorsium LG di Kawasan Industri Terpadu, Batang Rabu (8/6) lalu. Presiden Jokowi ingin RI jadi produsen utama produk berbasis nikel, PLN siap mendukung dengan listrik andal. (Dok. PLN)
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan proyek Grand Package Konsorsium LG di Kawasan Industri Terpadu, Batang Rabu (8/6) lalu. Presiden Jokowi ingin RI jadi produsen utama produk berbasis nikel, PLN siap mendukung dengan listrik andal. (Dok. PLN)

BATANG, VICTORYNEWS--PLN Komit siap bekerja keras untuk listrik andal dalam mendukung keinginan Presiden Jokowi agar mampu menjadi produsen utama produk berbahan baku nikel.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memastikan PLN siap mendukung pertumbuhan industri dan kebangkitan ekonomi Indonesia saat ini.

Terlebih lagi, proyek ini merupakan industri bahan baku baterai yang terintegrasi dan mencakup dari hulu sampai hilir.

Proyek end to end_ini akan mendukung masifnya ekosistem Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB). 

Baca Juga: Gubernur NTT : Perlu Kolaborasi Penanganan Stunting di NTT

Menurut Darmawan, dengan adanya pabrik ini maka menjadi salah satu upaya Presiden Jokowi mengubah ketergantungan Indonesia dari energy import yaitu bahan bakar minyak (BBM) menjadi energi yang berbasis pada domestik yaitu listrik.

Dengan mengubah sektor transportasi dari yang tadinya berbasis BBM menjadi sektor transportasi yang berbasis listrik.

"PLN tentu saja siap memasok kebutuhan listrik bagi para industri khususnya di Batang ini. Peresmian ini adalah suatu pertanda, suatu kebangkitan pembangunan industri hilirisasi dari minerba kita. Tadinya banyak sekali sumber daya alam kita diekspor dalam bentuk mentah. Kali ini kita proses dengan nilai tambah yang luar biasa," ujar Darmawan.

PLN juga terlibat aktif dalam proyek ini yang merupakan konsorsium antara LG dan Indonesia Battery Coorporation (IBC), di mana PLN terlibat investasi 25 persen di IBC ini.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadirkan Depo Kontainer Di Kupang, Ini Fasilitasnya!

Selasa, 27 September 2022 | 19:29 WIB

PLN Sediakan Jalur Kabel Khusus Untuk Kompor Listrik

Senin, 26 September 2022 | 16:06 WIB

Sudah Cair! Begini Cara Pengecekan BSU Tahap Dua

Sabtu, 24 September 2022 | 20:23 WIB
X