Dukung UMKM, Pemkab Manggarai Gelar Pelatihan Barista bagi Wirausahawan Pemula

- Rabu, 15 Juni 2022 | 17:38 WIB
Bupati Manggrai pose bersama peserta  Ayis Dhand.  Dukunh UMKM, Pemkab Manggarai menggelar pelatihan barista bagi wirausahawan pemula.  (Ayis Dhand)
Bupati Manggrai pose bersama peserta Ayis Dhand. Dukunh UMKM, Pemkab Manggarai menggelar pelatihan barista bagi wirausahawan pemula. (Ayis Dhand)


RUTENG,VICTORYNEWS- Dukung UMKM, Bupati Manggarai Hery Nabit secara resmi membuka kegiatan pelatihan barista bagi wirausahawan pemula yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil-Menengah, dan Tenaga Kerja Kabupaten Manggarai, yang bertempat di Hotel Dahlia, Kota Ruteng, Provinsi NTT, Rabu (15/06/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Hery Nabit meminta 26 wirausahawan pemula dalam pelatihan barista itu daoat mengikuti pelatihan secara serius agar mampu memahami materi dan mempraktekannya dengan baik.

"Pelatihan ini dilaksanakan untuk menciptakan tenaga kerja yang memiliki keterampilan di bidang kebaristaan yang siap dalam dunia kerja. Di sisi lain diharapkan dapat menumbuhkan semangat entrepreneurship sehingga dapat menciptakan peluang usaha baru terutama bagi UMKM dan wirausahawan pemula,"ungkapnya.

Baca Juga: Korupsi PDAM Tirta Lontar Kabupaten Kupang, Kejari Tahan Lagi Satu Tersangka Baru

Ia mengatakan pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dasar. Peserta perlu melakukan improvisasi dan mengeksplorasi diri dengan jenis dan cita rasa kopi yang berbeda.

“Ini pelatihan dasar atau fondasi. Kalau ini kuat maka pengembangannya lebih mudah. Saya minta peserta untuk mengikuti pelatihan ini secara serius. Saya datang untuk memberikan semangat kepada kita semua, bahwa kita mau mulai membantu anak-anak muda Manggarai dalam meningkatkan keterampilannya, baik perempuan maupun laki-laki,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini Bupati Hery juga menyampaikan, apabila semakin banyak anak muda Manggarai yang memiliki keterampilan barista, mungkin saja tahun depan akan digelar festival kopi skala lokal.

Baca Juga: Kades Asal TTU Paling Banyak Huni Lapas Kelas IIA Kupang akibat Korupsi Dana Desa

“Pemkab Manggarai menginginkan, bahwa kita punya daya saing tersendiri dalam keterampilan menyeduh kopi, supaya orang datang minum kopi di Manggarai. Setelah pelatihan baru kita bahas cara pengembangan kewirausahaan,"tambahnya.***

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meja Rias Minimalis untuk Tampilan Makin Modis

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:10 WIB

Bank NTT Bantu Pasarkan Produk UMKM ETF 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:36 WIB

WASPADA! Inflasi NTT Melonjak

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:12 WIB
X