Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali Gelar Webinar Jalur Rempah

- Jumat, 17 Juni 2022 | 05:00 WIB
Tangkapan Layar, Kepala BPNB Bali I Made Dharma Suteju  memberikan sambutan pada webinar Jalur Rempah.  (Victorynews.id/Kekson Salukh)
Tangkapan Layar, Kepala BPNB Bali I Made Dharma Suteju memberikan sambutan pada webinar Jalur Rempah. (Victorynews.id/Kekson Salukh)

KUPANG, VICTORYNEWS - Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Bali menggelar Webinar tentang Jalur Rempah dengan tema Jalur Rempah dan Keindonesiaan, Kamis (16/6/2022) petang.

Webinar Jalur Rempah itu dibuka langsung oleh Kepala BPNB Bali, I Made Dharma Suteju dan dimoderatori Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Dikbud NTT, Maria Desipung.

Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT Henderina Laiskodat dan Koordinator Pusat Studi Kebudayaan dan Pariwisata LP2M Undana, Lazarus Jehamat menjadi pembicara dalam webinar Jalur Rempah itu.

Baca Juga: Budaya Kampung Woloweti yang Tidak Terseret Arus Global, Dentuman Klasik Ini Masih Terdengar

I Made Dharma dalam sambutannya menjelaskan bahwa webinar itu diselenggarakan untuk mendukung program Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) yang digagas Direktorat Kebudayaan Kemendikbud Ristekdikti RI.

"Webinar tentang Jalur Rempah ini akan berlangsung selama lima kali sebagai bentuk dukungan terhadap program Muhibah Budaya Jalur Rempah yang digelar Direktorat Kebudayaan Kemendikbud Ristekdikti RI, " katanya.

Lanjut Made Dharma, sejak 2017 Indonesia melalui Kemendikbud Ristekdikti RI telah merintis upaya pengusulan Jalur Rempah ke UNESCO untuk ditetapkan sebagai warisan budaya dunia.

Baca Juga: Hari Ini Penyidik Panggil PPK dan Kontraktor Pembangun Toilet di Dinas Pariwisata Ende

Pengusulan Jalur Rempah sebagai warisan dunia ini didasari bahwa Jalur Rempah adalah jalur pertukaran pengetahuan dan budaya yang melampui kontekstual dan waktu.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Punya Tabungan Rp 14 Juta Per Tahun, Ini Caranya

Sabtu, 25 Juni 2022 | 21:43 WIB
X