Tanpa Dokumen, Balai Karantina Kupang Tahan 10 Box Daging Babi Segar di Pelabuhan Tenau

- Jumat, 17 Juni 2022 | 19:00 WIB
Potongan daging babi segar yang ditahan Balai Karantina Pertanian Kupang karena tidak memiliki dokumen, Jumat (17/6/2022).  (Dok.Balai Karantina Pertanian Kupang)
Potongan daging babi segar yang ditahan Balai Karantina Pertanian Kupang karena tidak memiliki dokumen, Jumat (17/6/2022). (Dok.Balai Karantina Pertanian Kupang)

KUPANG, VICTORY NEWS-Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang menahan 10 box daging babi segar tanpa dokumen di Pelabuhan Tenau Kupang.

Penahanan 10 box daging babi segar tersebut merupakan rangkaian operasi patuh dalam pengawasan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Dari hasil peningkatan pengawasan ini, petugas berhasil menemukan 10 box daging babi segar atau beku yang akan dikirim ke luar Kupang," ujar Kepala Balai Karantina Yulius Umbu Hunggar, Jumat (17/6/2022).

Penahanan ini dilakukan karena tidak dilengkapi sertifikat karantina yang kemudian ditolak untuk diberangkatkan.

Baca Juga: Kajari TTU Turun Tangan Dalam Pembacaan Dakwaan Kasus Dugaan Korupsi Alkes RSUD Kefamenanu

"Saya berkali-kali menekankan pada seluruh Pejabat Karantina Pertanian Kupang di seluruh wilayah kerjanya untuk memperketat pengawasan pemasukan dan pengeluaran khususnya untuk hewan dan produk hewan rentan PMK," jelasnya.

Sebab wabah PMK mengancam kehidupan peternak. Dan NTT menjadi harapan Indonesia untuk memasok hewan kurban pada idul adha mendatang di tengah wabah PMK yang marak di Jawa dan Sumatra.

Operasi patuh, kata dia, dua kali per pekan untuk alat angkut penumpang, dengan tetap melakukan patroli reguler setiap hari ke kapal laut dan pesawat terbang yang membawa komoditas hewan dan tumbuhan.

Baca Juga: Wali Kota Kupang Lepas Keberangkatan 155 Calon Jamaah Haji Tahun 2022

"Dengan harapannya operasi patuh Karantina ini akan mencegah masuknya hewan dan produk hewan rentan PMK dari daerah wabah dan juga diharapkan masyarakat akan lebih tertib," tutupnya.***

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X