Tak Kalah Saing, Kuantitas Kopi NTT Perlu Dijaga

- Rabu, 22 Juni 2022 | 19:00 WIB
Stand Komunitas Kupang Menyeduh di Koepan Expo menyajikan kopi untuk para pembeli, Selasa (21/6/2022). Komunitas ini ingin kuantitas kopi NTT terus dijaga.  (victorynews.id/putra bali mula)
Stand Komunitas Kupang Menyeduh di Koepan Expo menyajikan kopi untuk para pembeli, Selasa (21/6/2022). Komunitas ini ingin kuantitas kopi NTT terus dijaga. (victorynews.id/putra bali mula)

KUPANG, VICTORY NEWS-Komunitas Kupang Menyeduh yang terdiri dari pengusaha kopi NTT mendukung komoditas khas NTT ini dalam peningkatan ekonomi. Untuk itu kopi NTT perlu produksi yang stabil demi menjaga kuantitas kopi NTT.

Gilbert Sandi atau Gil biasa ia disapa menyampaikan, Komunitas Kupang Menyeduh mendukung hal ini dengan berbagai kegiatan yang akan digelar, salah satunya Festival Kopi NTT. Ia sendiri adalah penanggungjawab untuk Festival Kopi NTT ini.

Ia menyebut kerja sama penyediaan kopi dengan petani adalah yang utama juga termasuk dengan tengkulak dalam penyediaan kopi-kopi terbaik. Masing-masing roaster atau orang yang melakukan sangrai kopi juga biasanya yang berhubungan langsung dengan komunitas ini.

"Ada yang memang kopinya sudah berkualitas kita tinggal kontak saja," ungkap dia, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Puji Bank NTT, Gubernur Viktor Target Stunting Turun 10 Persen

Kuantitas kopi NTT masih belum banyak, katanya lagi, meskipun banyak usaha di hilir tetapi kuantitas produksi masih belum stabil.

Sementara saat kuantitas produksi difokuskan terdapat kendala lainnya yang sering ditemui yaitu pada kualitas.

Namun begitu ada beberapa petani memang yang telah paham soal menjaga kualitas dan kuantitas komoditas ini yang dapat dinikmati pasar.

"Ada petani yang paham. Mereka juga akhirnya tahu kalau kopi kita bisa dihargai lebih baik kalau kualitasnya lebih baik. Mereka juga tahu di hilir kopi mereka dihargai seperti apa," sebutnya.

Baca Juga: Peserta PPDB 2022 di Kota Kupang Simak Alur pendaftaran Secara Online

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X