Menko Airlangga Hartarto Tegaskan Pengiriman Hewan Ternak Bakal Dibatasi

- Kamis, 23 Juni 2022 | 20:07 WIB
Menko Ekon Airlangga Hartarto dan Kepala BNPB Suharyanto memberikan keterangan pers, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Kamis (23/6/2022). (setkab.go.id)
Menko Ekon Airlangga Hartarto dan Kepala BNPB Suharyanto memberikan keterangan pers, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Kamis (23/6/2022). (setkab.go.id)

JAKARTA, VICTORYNEWS - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto menegaskan pemerintah akan melakukan pembatasan mobilitas hewan ternak.

Menurut Menko Ekon Airlangga Hartarto, pembatasan itu dilakukan berhubung semakin meluasnta penyakit mulut dan kuku di Indonesia.

Pembatasan yang dimaksudkan Menkon Ekon
Airlangga Hartarto adalah pembatasan berbasis mikro bagi mobilitas hewan ternak di daerah yang terdampak PMK atau daerah zona merah.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Bilang Predikat WTP Bukan Tujuan Akhir

“Untuk daerah berbasis level mikro, seperti di penanganan COVID-19 di PPKM, ini akan diberikan larangan hewan hidup, dalam hal ini sapi, untuk bergerak. Itu di daerah level kecamatan yang terdampak penyakit kuku dan mulut atau kita sebut daerah merah. Daerah merah ini ada di 1.765 dari 4.614 kecamatan atau di 38 persen,” kata Airlangga dilansir victorynews.id dari laman setkab.go.id, Kamis (23/6/2022).

Airlangga menambahkan, detail mengenai pembatasan ini akan dituangkan lebih lanjut dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

Pemerintah juga mengintensifkan vaksinasi PMK bagi hewan ternak. Airlangga menyampaikan, pengadaan vaksin akan menggunakan anggaran pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Baca Juga: Sadarkan Generasi Muda Akan Potensi Cendana, Komunitas Timore Art Graffiti Gelar Workshop Jejak Rupa Rempah

“Disetujui untuk pengadaan vaksin yang khusus untuk tahun ini, itu sekitar 29 juta dosis dan seluruhnya akan dibiayai dengan dana dari KPCPEN (Komite Penanganan COVID-19 dan PEN),” jelas Airlangga yang juga merupakan Ketua KPCPEN tersebut.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X