Pengawasan Ketahanan Pangan Utamakan Pencegahan

- Kamis, 23 Juni 2022 | 22:51 WIB
Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto (Kanan) saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Bidang Ketahanan Pangan di Provinsi NTT, Kamis (23/6/2022) pagi, Hotel Kristal Kupang. Ia menekankan pentingnya upaya pencegahan. (Dok.Humas Polda NTT)
Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto (Kanan) saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Bidang Ketahanan Pangan di Provinsi NTT, Kamis (23/6/2022) pagi, Hotel Kristal Kupang. Ia menekankan pentingnya upaya pencegahan. (Dok.Humas Polda NTT)

KUPANG, VICTORY NEWS-Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto, menekankan pentingnya langka preventif atau pencegahan dalam pengawasan ketahanan pangan.

Aspek pencegahan dalam pengawasan ketahanan pangan penting dilakukan agar penegakan hukum tidak mendominasi.

Pengawasan ketahanan pangan yang dimaksudkannya terkait pengawasan peredaran minyak goreng, minyak curah dan bahan pokok lainnya.

Hal tersebut disampaikan Kapolda NTT dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Bidang Ketahanan Pangan di Provinsi NTT, Kamis (23/6/2022) pagi, Hotel Kristal Kupang.

Baca Juga: Kejari Ngada Selamatkan Keuangan Daerah Nagekeo Rp315,7 Juta Lebih dan Sertifikat Jaminan

Kapolda NTT dipercayakan sebagai narasumber dengan mengangkat tema 'Jaga Pangan Masa Depan'.

Pada kesempatan itu, Kapolda NTT menyampaikan, kegiatan Rakorwas Bidang Ketahanan Pangan ini untuk membahas sisi pengawasan ke depannya.

Kapolda juga menjelaskan tentang nota kesepakatan antara Menteri Pertanian dan Kapolri yang mana ada beberapa poin yang menjadi acuan, salah satunya ada penegakan hukum dan masih ada bidang lainnya yang disepakati.

"Dimana pasal 12 disebutkan bahwa nota kesepahaman itu bisa ditindaklanjuti dari masing-masing pimpinan satuan kerja. Ini yang menurut saya harus bisa dijadikan penjabaran di masing-masing provinsi. Yang mana di Polda dan Provinsi ada satgas pangan yang sudah berkerja sama sangat luar biasa Mengawasi peredaran minyak goreng, minyak curah dan bahan pokok lainnya," jelasnya.

Baca Juga: Wabah PMK Meluas Jelang Idul Adha, Kemenag Akan Siapkan Aturan Hewan Kurban
"Kenapa ini perlu dilakukan supaya aspek penegakan hukum jangan menjadi dominan. Lebih baik dilakukan langkah preventif bisa ke depannya karena ini perkejaan harus dilakukan secara multidoor (melibatkan semua institusi) untuk bisa melaksanakan instruksi bapak Presiden," Ujar Kapolda NTT.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X