Laskar Rempah Pelajari Pelestarian Tenun NTT dan Cendana

- Minggu, 26 Juni 2022 | 19:18 WIB
Para Laskar Rempah saat menanam anakan Cendana di SMAN 6 Kupang, Sabtu (25/6/2022).  (Dok.Panitia)
Para Laskar Rempah saat menanam anakan Cendana di SMAN 6 Kupang, Sabtu (25/6/2022). (Dok.Panitia)

KUPANG, VICTORY NEWS-Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 telah sampai di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Sabtu (25/6/2022) yang menjadi titik singgah keenam para Laskar Rempah.

Direktur Kepercayaan dan Masyarakat Adat, Ditjen Kebudayaan, Sjamsul Hadi, yang turut mendampingi pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah dari Banda Naira hingga Kupang, mengatakan, Laskar Rempah yang menjadi peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 dari 34 provinsi berkesempatan mengunjungi SMKN 4 Kupang, untuk melihat proses pembuatan dan pelestarian Tenun Kupang.

Agustinus Damar Wahyu Nugroho, Laskar Rempah dari Jawa Tengah, mengatakan sangat terkesan atas antusiasme dan ramah tamah masyarakat NTT menyambut kedatangan Laskar Rempah dari 34 provinsi.

Baca Juga: PT PLN Sambung Gratis Bagi 100 Keluarga Kurang Mampu di Labuan Bajo, Manggarai Barat

"Kami belajar menenun di SMKN 4 Kupang, melihat taman edukasi rempah dan menanam bibit Cendana di SMAN 6 Kupang, dan mempelajari tradisi pinang sirih untuk berbagai keperluan di Museum NTT," ungkapnya.

Bagi dia, Itu semua memberikan pelajaran bahwa Jalur Rempah menciptakan ketersambungan dan narasi positif khususnya pemulihan melalui konservasi cendana sebagai komoditas andalan Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah diselenggarakan Kemendikbudristek bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), pemerintah daerah, serta berbagai komunitas budaya.***

 

 

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wow..Mantan Sekda NTT Resmi Jadi Komisaris Utama...

Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:22 WIB

Sekot Kupang Minta Pedagang Tidak 'Main' Harga

Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:01 WIB
X