Indonesia-Jepang Bahas Ekspor Tuna Hingga Nanas

- Kamis, 28 Juli 2022 | 22:37 WIB
Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Ketua Japan-Indonesia Parliamentary Friendship League Nikai Toshihiro, di Salon Room, Imperial Hotel, Tokyo, Jepang, Rabu (27/07/2022).  (BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Ketua Japan-Indonesia Parliamentary Friendship League Nikai Toshihiro, di Salon Room, Imperial Hotel, Tokyo, Jepang, Rabu (27/07/2022). (BPMI Setpres/Laily Rachev)

JAKARTA, VICTORYNEWS-Presiden RI Jokowi membahas hambatan ekspor berbagai komoditi seperti tuna, pisang, nanas maupun mangga dengan Jepang.


Presiden Jokowi berkunjung ke Tokyo, Jepang, dan bertemu dengan Perdana Menteri Kishida untuk membahas ekpor bahan komoditi tersebut.

Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi, menyampaikan ini dalam siaran pers melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, (27/7/2022).

Baca Juga: Tembak Mati Tahanan Politik, Jokowi Minta ASEAN Sikapi Junta Militer Myanmar

Ia menyebut pembahasan dua kepala negara ini berlangsung produktif dan terbuka dengan pembahasan ekonomi kedua negara.

Bidang perdagangan yaitu kerja sama bilateral, kata dia, dari sisi Indonesia Jokowi meminta hambatan tarif dan non tarif terhadap beberapa produk ekspor Indonesia dapat diatasi.

"Seperti tuna, pisang dan nanas yaitu untuk pengurangan tarif dan juga mangga yaitu hambatan non tarif," lapornya.

Jika protokol IJEPA dapat ditandatangani pada saat KTT G20 pada November nantinya, lanjut Retno, maka dapat meningkatkan perdagangan dan investasi bilateral ini.

Baca Juga: Gencar Kembangkan Kendaraan Listrik, Ini Alasan Pemerintah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto, dalam keterangan yang sama menyebut ekspor perikanan, makanan dan minuman dari Jepang telah diberikan kemudahan oleh Indonesia dengan pencabutan larangan.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Terkini

X