Ombudsman Sebut Standar Pelayanan Pusat Banyak Tidak Sesuai Dengan Kondisi di NTT

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:11 WIB
Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTT, Darius Beda Daton, saat menyampaikan materi tentang kesiapan Zona Integritas di BKP Kupang. (victorynews.id/Putra Bali Mula)
Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTT, Darius Beda Daton, saat menyampaikan materi tentang kesiapan Zona Integritas di BKP Kupang. (victorynews.id/Putra Bali Mula)

KUPANG, VICTORYNEWS - Ombudsman menyebut Standar pelayanan publik terutama di lembaga vertikal ditetapkan dari pusat dan disesuaikan dengan kondisi pusat.

Sementara kondisi ini untuk diterapkan dalam pantauan Ombudsman di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) seringkali sulit untuk diikuti karena sarana prasarana atau infrastruktur di daerah tertutama di pelosok.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTT, Darius Beda Daton, memisalkan pengurusan paspor yang terjadi di NTT.

Baca Juga: Ombudsman Rapat Koordinasi Bersama Biro Organisasi Setda Provinsi NTT, Ini Tujuannya

Ia menyampaikan ini saat mengisi kegiatan penguatan komitmen pembangunan Zona Integritas Balai Karantina Kupang Kupang di Hotel Kristal, Kamis (4/8/2022).

"Aturannya tiga hari sedangkan Jakarta tidak tahu kalau orang dari Amfoang datang ke sini biayanya bisa Rp 200 ribu untuk urus di sini, tapi standar waktunya dibuat sama," ungkap dia.

Menurutnya banyak contoh lainnya mengenai pelayanan publik dari berbagai lembaga yang standar pelayanan diturunkan dari pusat.

Baca Juga: Ombudsman RI Sebut Kerugian Peternak Akibat PMK Capai Rp788,81 Miliar

Di lain sisi pula soal sarana prasarana, infrastruktur maupun sumber daya manusia. Menurutnya alat kerja, internet dan tenaga kerja di pusat juga sudah lengkap berbeda dengan daerah yang mana kekurangan pegawai dan alat kerja yang tidak memadai.

Pihaknya telah mengusulkan agar ada penyesuaian standar layanan seperti ini di NTT tetapi tidak semua lembaga dapat memperbarui standar layanan ini.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meja Rias Minimalis untuk Tampilan Makin Modis

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:10 WIB

Bank NTT Bantu Pasarkan Produk UMKM ETF 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:36 WIB

WASPADA! Inflasi NTT Melonjak

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:12 WIB
X