Perluas Lahan Sorgum Untuk Pengganti Gandum, Pemerintah Siapkan 8 Off Taker

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 05:15 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan penjeladan tentang pengembangan Sorgum di Sumba Timur.  (YouTube @Biro Setpres)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan penjeladan tentang pengembangan Sorgum di Sumba Timur. (YouTube @Biro Setpres)

JAKARTA, VICTORYNEWS - Pemerintah Pusat berkomitmen untuk memperluas lahan sorgum di Indonesia, termasuk wilayah Sumba Timur, NTT.

Perluasan lahan sorgum itu untuk pengembangan sorgum demi mengganti gandum.

Pemerintah juga sudah menyiapkan 8 Off Taker yang merupakan industri kecil dan menengah yang selama ini menjadi tradisional market dari Sorgum.

Baca Juga: Komnas HAM Rutin Berkomunikasi Perkembangan Kasus Polisi Tembak Polisi ke Istana

Penjelasan itu disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto seperti dilansir victorynews.id dari Chanel YouTube @Sekretarian Kepresidenan, Kamis (4/8/1022).

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan dengan kondisi sekarang lahan seluas 4.355 hektare tentunya produksinya masih terbatas karena hanya menghasilkan 15.000 ton. 

Karena itu, off taker yang akan dibangun pemerintah pusat akan sesuai dengan jumlah lahan yang akan diperluas di Waingapu dan tahap pertama targetnya adalah 30.000 hektare.

Baca Juga: Tahun Depan, Kompass Flores Gelar Festival Paduan Suara Internasional di Maumere

"Setelah lahan seluas 30.000 hektare diwujudkan, maka akan ditingkatkan menjadi 100.000 hektare lalu diikuti industri yang dikembangkan Kemenko Perekonomian bersama mitra," kata Ketua Umum Golkar ini.

Menurut Airlangga, tepung Sorgum sebagai pengganti Gandum di industri makanan dan minuman, maka dalam sekilo tepung gandum hasil dari Sorgum rasionya empat kali dan harganya mencapai Rp60.000 sampai Rp70.000.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Sumber: YouTube @Setpres

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadirkan Depo Kontainer Di Kupang, Ini Fasilitasnya!

Selasa, 27 September 2022 | 19:29 WIB

PLN Sediakan Jalur Kabel Khusus Untuk Kompor Listrik

Senin, 26 September 2022 | 16:06 WIB
X