5,2 Ton Kacang Lurik dari Petani NTT Dikirim Perdana ke Jerman

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 20:11 WIB
Kepala Perwakilan BI NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja melihat langsung kacang lurik dari petani di NTT yang dikirim perdana ke Jerman, Sabtu (13/8/2022).  (victorynews.id/Simon Selly)
Kepala Perwakilan BI NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja melihat langsung kacang lurik dari petani di NTT yang dikirim perdana ke Jerman, Sabtu (13/8/2022). (victorynews.id/Simon Selly)

KUPANG, VICTORYNEWS - Sebanyak 5,2 ton kacang tanah lurik yang dikelola para petani di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Provinsi NTT dikirim perdana  Jerman, Sabtu (13/8/2022).

Sejak tahun 2014, para petani di TTU mengolah lahan belasan hektar menanam kacang lurik atau berbentuk loreng. Disebut kacang lurik karena kacang ini seperti beda dengan kacang tanah pada umumnya.

Para petani di TTU bekerja sama dengan PT. Profil Mitra Abadi Cabang Kupang. Jerman menjadi pintu masuk eskpor kacang lurik ke negara lainnya di Eropa karena memiliki standar yang tinggi.

Baca Juga: Jurnalis Jerman Belajar Manajemen di UGM Setelah Jatuh Hati Dengan Jakarta

Direktur  PT. Profil Mitra Abadi Cabang Kupang, Elje Mansula mengatakan, pengiriman perdana ke Jerman ini sebagai langkah awal membuka pasar di luar negeri khususnya di Eropa.

Dia mengatakan, negara Jerman memiliki tingkat atau standar yang tinggi terkait makanan, sehingga negara lain akan mudah percaya jika sudah diterima di Jerman.

Ia mengatakan, sesuai permintaan awalnya 8,3 ton, namun terkendala hasil panen sehingga pihaknya hanya bisa memenuhi 5,2 ton.

"Memang awalnya itu 8,3 ton, tapi karena hasil panen terdapat beberapa kendala sehingga hari ini kita mampu kirim perdana ke Jerman 5,2 ton," katanya.

Baca Juga: Cinta Beda Negara, Bule Jerman Bilang Karakter Gadis Atambua Beda, Abaikan yang Lain

Dia mengakui, memiliki kendala pada pengolahan lahan terutama merubah pola pikir pertani yang serba instan dengan memakai pupuk dan lainnya.  Khususnya lahan kacang ini memiliki standar tinggi karena tidak memakai jenis pupuk apapun.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadirkan Depo Kontainer Di Kupang, Ini Fasilitasnya!

Selasa, 27 September 2022 | 19:29 WIB

PLN Sediakan Jalur Kabel Khusus Untuk Kompor Listrik

Senin, 26 September 2022 | 16:06 WIB

Sudah Cair! Begini Cara Pengecekan BSU Tahap Dua

Sabtu, 24 September 2022 | 20:23 WIB
X