Masuk PLBN Motaain, Balai Karantina Pertanian Kupang Amankan Produk Daging Asal Brazil

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:01 WIB
Petugas mengumpulkan berbagai produk daging tanpa keterangan sehat termasuk asal Brazil yang dibawa pelintas dari Timor Leste. (victorynews.id/Putra Bali Mula)
Petugas mengumpulkan berbagai produk daging tanpa keterangan sehat termasuk asal Brazil yang dibawa pelintas dari Timor Leste. (victorynews.id/Putra Bali Mula)

ATAMBUA, VICTORYNEWS - Balai Karantina Pertanian (BKP) Kupang wilayah kerja Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain mengamankan produk daging asal Brazil.

Brazil diketahui merupakan negara dengan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Khaeruddin, Kepala Sub Koordinator Pengawasan dan Penindakan Perkaratinaan BKP Kupang, menyebut produk dari Brazil yang masuk ke Timor Leste ini dibawa pelintas saat masuk ke Indonesia melalui PLBN Motaain.

Baca Juga: Gelar Colorful Indonesia Festival di Frederick Maryland, Stan Kuliner Indonesia Ramai Dikunjungi Warga

Untuk mencegah menyebarnya PMK di Indonesia maka petugas mengamankannya dan pengawasan ini dilakukan secara rutin setiap hari.

"Produk-produk dari Brazil yang masuk melalui Timor Leste yang paling banyak ditemukan saat dilakukan pemeriksaan di PLBN Motaain," ujarnya saat melakukan operasi siaga PMK, Minggu (14/8/2022).

Ia mengatakan pemeriksaan dan pengawasan oleh pihak karantina pertanian di PLBN Motaain dilakukan terhadap barang-barang yang dibawa oleh pelintas.

Baca Juga: Gerindra dan PKB Resmi Berkoalisi, Muhaimin Iskandar Siapkan Pantun Istimewa

Pengontrolan ini, kata dia, dilakukan untuk mengantisipasi adanya virus PMK masuk melalui PLBN Motaain. Sementara yang tidak bisa dikontrol adalah yang masuk melalui jalur-jalur ilegal atau jalan tikus.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadirkan Depo Kontainer Di Kupang, Ini Fasilitasnya!

Selasa, 27 September 2022 | 19:29 WIB

PLN Sediakan Jalur Kabel Khusus Untuk Kompor Listrik

Senin, 26 September 2022 | 16:06 WIB

Sudah Cair! Begini Cara Pengecekan BSU Tahap Dua

Sabtu, 24 September 2022 | 20:23 WIB
X