Gelar Expo Produk Lokal, Mahasiswa Poltekkes Kupang Tampilkan Lulur Arang Kayu Kesambi hingga Selai Saboak

- Kamis, 17 November 2022 | 19:15 WIB
 Puteri Pariwisata Budaya Indonesia tahun 2022, Febiola Djoh saat meninjau salah satu stand di Prodi Farmasi Poltekkes Kemenkes Kupang.  (Dok.Prodi Farmasi)
Puteri Pariwisata Budaya Indonesia tahun 2022, Febiola Djoh saat meninjau salah satu stand di Prodi Farmasi Poltekkes Kemenkes Kupang. (Dok.Prodi Farmasi)

KUPANG, VICTORYNEWS-Expo produk lokal karya mahasiswa Program Studi (Prodi) Farmasi Poltekkes Kemenkes Kupang menampilkan berbagai produk unik di antaranya lulur berbahan arang dari kayu kesambi hingga selai saboak.

Priska Ernestina Tenda selaku Sekretaris Prodi Farmasi Poltekkes Kemenkes Kupang menyampaikan ini, Kamis (16/11/2022).

Kegiatan Expo Produk Lokal ini dilakukan Selasa (15/11/2022) dengan penyelenggara mahasiswa tingkat tiga Prodi Farmasi Poltekkes Kemenkes Kupang yang mempraktikkan mata kuliah kewirausahaan dengan dua dosen pembimbing.

Baca Juga: BAHAYA! Ada Potensi Downburst dengan Daya Rusak Tinggi Terjadi di NTT

Ia menyebut praktik mata kuliah kewirausahaan ini juga untuk mengaktualisasikan proses dan ilmu dari berbagai mata kuliah lainnya yang menghasilkan 55 produk.

"Sudah tiga bulanan ini disiapkan mulai dari memikirkan formulanya, bahannya apa, terus hasil produk hingga kemasannya seperti apa yang menarik. Jadi semua ilmu mereka dipraktikkan di sini," ungkap dia.

Ia menyebut 55 jenis produk yang dihasilkan ini terklasifikasi dalam 5 kategori yaitu obat-obatan, bahan baku obat, kosmetik, makanan dan minuman.

"Ada juga produk lulur dari arang kayu kesambi. Selama ini kayu itu jadi bahan bakar untuk daging se'i ternyata bisa juga jadi olahan lain seperti kosmetik," terang dia.

Baca Juga: Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Kementerian Perhubungan RI Gelar Kampanye Keselamatan Pelayaran di Kupang

Produk kosmetik lainnya yang ada saat itu juga ada yang berbahan ubi ungu, minyak kenanga untuk minyak rambut, luluran berbahan kunyit putih, akar beringin hingga biji kelor untuk minyak rambut, biji faloak juga untuk lulur, kemudian scrub dari temulawak.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X