3.120 Rumah di NTT Dapat Bantuan Pasang Baru Listrik

- Minggu, 20 November 2022 | 20:06 WIB
 Dominggus Nitbani, salah satu warga penerima BPBL di Desa Noelmina, bersama keluarganya menikmati BPBL dari Kementerian ESDM melalui PLN.  (Dok.PLN)
Dominggus Nitbani, salah satu warga penerima BPBL di Desa Noelmina, bersama keluarganya menikmati BPBL dari Kementerian ESDM melalui PLN. (Dok.PLN)

KUPANG, VICTORYNEWS-Kementerian ESDM melalui PLN melakukan Penyalaan Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) bagi 3.120 rumah tangga kurang mampu di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

BPBL merupakan program bantuan pemasangan baru listrik bagi rumah tangga tidak mampu meliputi pemasangan instalasi tenaga listrik, biaya sertifikasi laik operasi (SLO), biaya penyambungan baru ke PLN sampai dengan pengisian token listrik perdana.

Penerima BPBL harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial yang berdomisili di daerah 3T, dan atau berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh kepala desa maupun lurah dimana warga kurang mampu ini bertempat tinggal.

Baca Juga: ASTAGA! Mobil Tangki Pertamina Terbakar saat Membawa 8.000 Liter Solar

Kepala Dinas ESDM Provinsi NTT, Jusuf A Adoe dan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe turut hadir saat peresmian dan penyalaan program BPBL di Desa Noelmina, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, Kamis (17/11/2022).

Fintje Lumembang selaku General Manager PLN UIW Nusa Tenggara Timur menyebut, BPBL yang terdaftar dalam DTKS selalu di-update secara rutin oleh dinas terkait dengan melibatkan Pemerintah setempat, serta dilakukan pengecekan rumah tangga di lapangan sesuai persyaratan yang ditetapkan dan Penugasan PLN sebagai eksekutor.

Dalam keterangannya pada Minggu (20/11/2022), juga dirinci sebaran keluarga di daerah-daerah di NTT yang mendapatkan BPBL ini.

Baca Juga: Bjorka Berulah, Komitmen Pemerintah Lindungi Data Warga Dipertanyakan

"Kita bersyukur bahwa untuk Provinsi NTT pada tahun 2022 ini diberikan alokasi oleh pemerintah sejumlah 3.120 Pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah NTT baik di Pulau Timor, Flores, Sumba, Rote, Sabu, Alor, Lembata dan Adonara.” ujarnya.

Selanjutnya ia berharap agar aset jaringan PLN di lingkungan warga dapat dijaga supaya leluasa menyuplai listrik dengan lebih baik.***

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X