Satu Koperasi di Sumba Timur Tercatat Sebagai Penghasil Listrik Terbaik Berbasis EBT

- Rabu, 23 November 2022 | 12:22 WIB
Kepala Organisasi Riset IPSH BRIN Prof. Dr. Ahmad Najib Burhani dalam sambutan pembukaan diseminasi di Aston Kupang.  (victorynews.id/Putra Bali Mula)
Kepala Organisasi Riset IPSH BRIN Prof. Dr. Ahmad Najib Burhani dalam sambutan pembukaan diseminasi di Aston Kupang. (victorynews.id/Putra Bali Mula)

KUPANG, VICTORYNEWS - Koperasi Serba Usaha (KSU) Jasa Peduli Kasih di Desa Kamanggih Kabupaten Sumba Timur tercatat sebagai salah satu praktik terbaik ekonomi hijau dengan model pembangkit listrik skala kecil berbasis energi baru terbarukan (EBT).

Koperasi ini tercatat dalam penelitian yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan Pusat Riset Kependudukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRK-BRIN).

Kedua lembaga ini telah melakukan kajian kualitatif Long Form Sensus Penduduk 2020 mengenai Pembangunan Ekonomi Hijau dan Kondisi Sosial Demografi Penduduk Indonesia di seluruh provinsi.

Untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Provinsi Bali tahap diseminasinya berlangsung di ASTON Kupang Hotel & Convention Center, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Pengikut Instagram Cristiano Ronaldo Tembus 500 Juta Orang, Bukti Manusia Terpopuler di Dunia

Koperasi yang berdiri sejak tahun 1999 ini disebut hingga kini masih mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan biogas yang berasal dari kotoran ternak babi.

Model pembangkit listrik ini juga dikelola dan dikembangkan oleh masyarakat setempat.

Yusuf Maulana, periset yang mewakili Tim Kajian Region NTT mengungkapkan pengembangan EBT berperan penting dalam pemerataan akses energi, mendorong pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat NTT.

Baca Juga: Komentar Teranyar Cristiano Ronaldo Setelah Berpisah Dengan Manchester United

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Café Bitauni Jadi Sentra Penjualan Aneka Produk Lokal

Kamis, 24 November 2022 | 20:59 WIB

3.120 Rumah di NTT Dapat Bantuan Pasang Baru Listrik

Minggu, 20 November 2022 | 20:06 WIB
X