Enam Peserta Tes CPNS di TTS Tidak Ikut Tes

berbagi di:
foto-hal-12-tes-cpnsd-ttu

Ilustrasi tes CPNS

 

Megi Fobia

Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hari pertama di Kabupaten TTS, Nusa Tenggara Timur, Kamis (30/1) dimulai pukul 08.00 -18.00 Wita.

Enam dari 650 peserta tidak hadir, lima guru Agama Kristen dan satu guru Bahasa Indonesia.

Demikian informasi yang diperoleh VN dari Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten TTS, Linda Fobia seusai pelaksanaan seleksi hari pertama Kamis (30/1).

Linda menjelaskan, karena peserta tes setiap hari mencapai 650 orang maka tes dibagi lima sesi. Setiap sesi berjumlah 130 orang, sehingga peserta yang telah mengikuti Seleksi Kompotensi Dasar (SDK) sebanyak 650 orang, namun karena enam orang peserta tidak hadir maka yang mengikuti seleksi berjumlah 644 dari total peserta sebanyak 5.526 peserta tes.

Waktu seleksi CPNS mulai tepat pukul 08:00 Wita, setiap sesi ada peserta yang mencapai passing grade yang ditetapkan yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 126.

Nilai yang ditetapkan tersebut menurut Linda setiap sesi ada yang mencapai penetapan nilai dari tiga kriteria tersebut. Bahkan, setiap formasi yang capai passing grade lebih dari satu orang. Karena yang lolos lebih dari yang dibutuhkan, maka pada Seleksi Kompotensi Bidang (SKB), akan diambil tiga orang yang meraih nilai tertinggi,”kata Linda.

Linda mengakui seleksi CPNS di tahun 2020 dengan metode CAT, hasilnya jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Karena setiap sesi, ada peserta yang capai passing grade. Untuk dipastikan bahwa, peserta yang lolos setiap formasi lebih dari yang dibutuhkan. Maka dari itu, bagi peserta yang capai passing grade namun setelah dilakukan perengkingan nilainya tidak mencapai formasi, maka tentu tidak dapat direkomendasikan untuk mengikuti seleksi SKB.

Sementara, jika nanti terdapat formasi yang pesertanya yang lolos passing grade tidak mencapai jumlah yang dibutuhkan, maka tidak akan merekomendasikan peserta yang nilainya mendekati standar passing grade.

Fenti Sapay salah satu peserta seleksi CPNS yang capai passing grade kepada wartawan mengatakan ia memperoleh score TIU 80, TWK 80 dan TKP 139. Total score 299. (gus/mg-12/S-1)