Enam Petinju NTT Lolos ke Semifinal

berbagi di:
foto-hal-01-cover-250719-tim-indonesia-c

Inilah Tim C Indonesia yang berisikan petinju-petinju Pelatda NTT menuju Pra PON 2020 Papua saat dilepas Ketua Umum PP Pertina Brigjen Pol Johni Asadoma menuju Labuan Bajo, Mabar pekan lalu. Foto: istimewa

 

Gerasimos Satria

Enam petinju asal NTT yang memperkuat Tim C Indonesia pada event Internasional Boxing Tournament (IBT) 23rd President’s Cup 2019 di Labuan Bajo, berhasil lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan lawan-lawannya pada babak delapan besar.

Para petinju yang lolos ke semifinal itu adalah Anggelina Niis/48 kg, Lucky M Agusto Hari/56 kg, Yohanis S Lebi/60 kg, Defri Naumeo/69 kg, dan Amatus Alfando Bame/75kg. Ditambah dua petinju dari Tim C yang menang pada pertarungan, Rabu (24/7) kemarin, yakni Serlin A Liliwati Kase/54kg dan Yohanis S Lebi/60kg.

Petinju Yohanis Lebi berhasil mengalahkan petinju Afghanistan, Talib Fahim di kelas 60 kg. Meski lawan memiliki jangkauan lebih, namun Lebi berhasil menghentikan perlawanan Talib Fahim pada pertengahan ronde pertama.

Pelatih Tim C Indonesia, David Hari kepada VN, kemarin, mengatakan, anak asuhnya tampik maksimal. Meski postur lebih pendek dan menghadapi lawan dengan jangkauan yang lebih baik, Lebi mampu memukul KO lawannya dengan pukulan straigt ke wajah lawan. Berlaga di kandang sendiri, kata David, ikut memberi motivasi dan daya juang anak asuhnya dalam menghadapi lawan.
Sedangkan Serlin A Liliwati Kase alias Serli, juga sukses memungkas pertarungan yang ketat dan keras melawan petinju Australia dengan kemenangan angka.

“Lebi main partai pertama lawan Afghanistan, jangkauan petinju Afghanistan lebih tapi Lebi lebih agtesif melakukan tekanan dan straigt kanan Lebi menyelesaikan pertandingn dengan cepat pada ronde pertama. Sedangkan Serly Kase lawan petinju Australia. Pertarungan sangat ketat tetapi pukulan-pukulan dari Serly lebih akurat dengan straight kanan yang tepat sasaran sehingga Serly unggul di semua ronde,” cerita David.

Di babak semi final nanti, Serly akan berhadapan dengan petinju putri dari India. Sedangkan Lebi akan berhadapan dengan petinju dari Korea Selatan.

Ia berharap agar anak asuhnya itu dapat tampil maksimal di babak semi final nanti dan bisa lolos ke final.
Pelatih Tim C, Yoniel Y Selan mengatakan, keberhasilan petinju NTT di Tim C tidak terlepas dari dukungan semua pihak yang ingin memajukan prestasi olahraga tinju di NTT.

“Saya meminta dukungan dari seluruh pelatih,” katanya.

Ketua Pengprov Pertina NTT Semuel Haning mengaku bangga karena atas dukungan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Ketua Umum PP Pertina, Johni Asadoma, Pertina NTT dipercayakan mengutus satu tim, takni Tim C Indonesia untuk naik ring di IBT 2019.

“Mewakili Indonesia bukan gampang. Harga diri dan kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk mewakili Indonesia kami harus maksimal genjot fisik, mental, teknik dn taktik petinju, dan akhirnya dengan perjuangan keras Tim C hanya sembilan atlet dan sudah maksimal mendapat enam medali untuk sementara. Kami mohon dukungan doa dan semangat juang sehinga ada yang bisa lolos sampai final,” pungkasnya. (mg-20/C-1)

 

Tim C Indonesia yang Lolos Semifinal
Putri
– Anggelina Niis/48 kg
– Serlin A Liliwati Kase/54 kg
– Erniati Ngongo/60 kg

Putra
– Nikky A Sergio Dura/46 kg
– Albertus S Taralandu/49 kg
– Yeffi A Yerison Hitarihun/52 kg
– Lucky M Agusto Hari/56 kg
– Yohanis S Lebi/60 kg
– Defri Naumeo/69 kg
– Amatus Alfando Bame/75 kg