Esok, Gubernur NTT Kunjungi Korban Banjir Bandang di Malaka

berbagi di:
img-20210405-wa0004

 

 

 

GUBERNUR NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Selasa (6/4) esok berencana akan mengunjungi para korban banjir bandang di Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Staf Gubernur NTT Bidang Ekonomi, Profesor Daniel Kameo, menyampaikan hal tersebut, Senin (5/4) malam.

“Informasi dari protokol (Setda NTT) besok pak gubernur akan berkunjung ke Malaka,” ungkapnya singkat.

 
5000 Warga Dievakuasi

 

 

Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda sebagian besar wilaya NTT selama empat hari terakhir ini menyebabkan Banjir Bandang di kali Benenain, Kabupaten Malaka meluap ke pemukiman warga di delapan desa, yakni Desa Bereliku,Mota’ain,Fahiluka,Lawalu,Railor,Forekmodok,Lamudur dan Wederok.
Aparat gabungan TNI-Polri hingga saat ini telah mengevakuasi 5000 warga yang menjadi korban banjir bandang tersebut.

Kapolres Malaka, AKBP Albert Neno mengatakan, ada dua perahu karet dan belasan traktor digunakan dalam proses evakuasi korban banjir bandang yang meluap dari kali Benenain ke pemukiman warga Malaka.

Menurutnya, ada lima warga tewas akibat dari banjir bandang di Malaka. Kelima warga yang tewas berasal dari Kecamatan Malaka Timur 2 orang, Kecamatan Botinleobele 1 orang dan Malaka Tengah 2 orang. Dari lima korban tersebut ada 1 anak kecil dan telah dievakuasi.
Sebelumnya, jembatan Benenain yang berada di Dusun Kotafoun B,Desa Haitimuk,Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka Provinsi NTT telah putus atau patah akibat diterjang banjir kiriman dari wilayah TTS dan TTU pada Minggu pagi (4/4).

Putusnya jembatan Benenain menyebabkan empat terisolir. Pasalnya, jembatan Benenain yang putus akibat banjir bandang yang terjadi merupakan satu-satunya penghubung dari Kecamatan Malaka Barat,Weliman,Rinhat dan Wewiku menuju Betun. (Yan/ol)