Facebook Uji Login Pakai Sensor Wajah

berbagi di:
ilustrasi-facebook-dan-internet

 

Saat ini, keamanan di dunia siber sangatlah penting. Data-data pribadi yang digunakan di berbagai akun media sosial harus dijaga dengan baik karena rawan disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Raksasa media sosial Facebook ingin menambah keamanan proses login di layanannya dengan sebuah sistem pengenalan wajah. Seperti dilaporkan TechCrunch, Facebook sedang menguji sistem pengenalan wajah sebagai cara baru untuk memverifikasi identitas pengguna dan mengembalikan akun pengguna yang terkunci.

Tapi, jangan khawatir bagi kalian yang merasa tidak nyaman dengan cara ini, karena Facebook mengatakan fitur ini opsional dan hanya tersedia di perangkat yang sudah sering digunakan para pengguna untuk login akun Facebook.

“Ini adalah langkah login alternatif, selain dua faktor otentifikasi lewat SMS. Kami membuatnya untuk memastikan pemilik akun bisa mengonfirmasi identitasnya,” kata Facebook.

Jadi, ketika kamu terkunci dari akunmu dan tidak bisa mengakses dua faktor otentifikasi, yang biasanya mengirimkan kode lewat SMS, maka pengenalan wajah bisa menjadi opsi lain buat kamu. Facebook mengatakan verifikasi pakai wajah ini akan muncul selama proses pengembalian akun.

April tahun lalu, Facebook mengaku sedang mengerjakan sebuah fitur yang akan menandai secara otomatis pengguna dalam sebuah video. Untuk foto, fitur ini sendiri sudah tersedia, di mana teknologi DeepFace milik Facebook dapat memberikan keakuratan sebanyak 97 persen untuk mengenali wajah seseorang dalam foto.

Tapi, perlu dicatat pula jika sistem keamanan pengenalan wajah sering dieksploitasi dengan trik-trik tipuan seperti Samsung Galaxy S8 yang bisa dikelabui pakai foto.

 

Sumber: Kumparan