Fraksi Golkar: Mobil Sampah Pemkot Sebaiknya Dijual

berbagi di:
img_20200622_132054

 

 

 

Yapi Manuleus

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD kota Kupang sekaligus Anggota Pansus Jemari Yoseph Dogong kepada VN, beberapa waktu lalual menilai sebaiknya Pemkot Kupang menjual mobil sampah bernilai miliaran rupiah untuk membeli dan memperbanyak armada sampah di Kota Kupang.

“Mobil itu cocok untuk runway seperti di bandara, tapi kalau umpanya untuk penyapu sampah di jalan protokol di Kota Kupang, pertanyaan saya apakah jalan-jalan itu sudah seperti runway itu atau tidak, trotoar saja tidak punya,” katanya.

Menurutnya mobil tersebut belum saatnya berada atau digunakan di Kota Kupang.

“Kecuali jalan protokol itu sudah bagus dan indah semua,” ujarnya.

Ia menyarankan joka mobil penyapu jalan itu tidak beroperasi maksimal, sebaiknya dipertimbangkan dan dikaji kembali.

“Bisa dijual ke daerah-daerah yang sudah layak ataukah kerja sama dengan runnway Angkasa Pura itu misalnya. Tapi kalau dipertahankan terus saya lihat tidak maksimal dan itu uang rakyat dirugikan. Kalau saya dari Fraksi Golkar menginginkan jual saja baru uangnya dipakai untuk beli menggenapi 51 mobil armada sampah. Mobil sampah kan sekarang mungkin 600 juta, itu sudah berapa unit, kalau mobil itu 4 miliar,” ujarnya.

Sementara Kepala DLHK Kota kupang Yeri Padji Kana mengaku mobil tersebut masih rutin beroperasi setiap hari mulai pukul 04.00 Wita di jalan-jalan utama di Kota Kupang untuk mendukung kebersihan Kota Kupang. (bev/ol)