Berawal Hobby Membaca, Kini Rustam Fachri Mandayun Sukses Jadi Wartawan Inspiratif

- Rabu, 8 Juni 2022 | 16:57 WIB
Rustam Fachri anggota Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers.  (victorynews.id/Simon Selly)
Rustam Fachri anggota Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers. (victorynews.id/Simon Selly)

KUPANG, VICTORYNEWS- Rustam Fachri Mandayun gemar membaca sejak kecil dan sukses berkarier di Majalah Tempo. Kini ia sebagai anggota Komisi Pengaduan masyarakat dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers di Jakarta.

Fachri Mandayun merupakan seorang sarjana lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) yang memiliki minat menjadi seorang wartawan. Ia kemudian memilih Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gajah Mada Jurusan Ilmu Komunikasi.

"Saya memilih pendidikan tersebut karena saya, memang sejak SMA sudah bercita-cita mau jadi wartawan. Karena saya suka membaca terutama sastra dan saya juga suka menulis puisi," kata Rustam Fachri Mandayun ketika diwawancarai victorynews.id, Rabu (8/7/2022). 

Baca Juga: Wartawan Apresiasi UKW Yang Digelar Lembaga Pers Dr Soetomo

Ia mengisahkan, dalam keluarga tidak ada yang berprofesi wartawan namun yang dilakukannya merupakan wujud keinginan sendiri.

"Di dalam keluarga saya tidak ada yang menekuni profesi sebagai wartawan, tetapi keluarga saya memang senang membaca sejak dulu," ujarnya.

Menurut Fachri, minatnya menjadi wartawan sejak awal telah dilakukan dengan menulis dan membaca. Setelah selesai menempuh bangku kuliahnya di UGM Jogjakarta ia fokus berkarier di majalah Tempo sebagai wartawan. 

Baca Juga: Dewan Pers Sebut Profesi Wartawan Tolok Ukur Akuntabilitas Jurnalisme di Indonesia

"Mulai dari wartawan di daerah kemudian direkrut jadi wartawan di Jakarta dan terus saya berkarir sampai pada posisinya redaktur pelaksana di redaksi dan masuk ke manajemen tempo sampai pensiun," terangnya.

Fachri menambahkan, menjadi wartawan dimasanya banyak hal yang dibatasi dan tidak sedikit tantangan yang dihadapi dalam era kepemimpinan Soeharto dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang wartawan.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UNIK!! Keluarga Bule Jerman Fasih Berbahasa Jawa

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:41 WIB

Jason Momoa, Aktor Tampan Amerika Jadi Pramugara

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:12 WIB

Pecel Indonesia Enak, Bule Jilat Piring Usai Makan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:32 WIB
X