Minum Kopi Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan. Ini Penjelasannya

- Jumat, 17 Juni 2022 | 22:25 WIB
Ilustrasi kopi. Minum kopi bermanfaat untuk kesehatan. (Pixabay/Cocoparisienne)
Ilustrasi kopi. Minum kopi bermanfaat untuk kesehatan. (Pixabay/Cocoparisienne)

VICTORY NEWS-Indonesia sebagai daerah beriklim tropis memiliki aneka jenis kopi. Kopi sangat mudah ditemui di Indonesia, sehingga minum kopi sudah menjadi rutinitas masyarakat.

Namun jangan dianggap sepele. Minum kopi ternyata penting, sebab memiliki manfaat untuk kesehatan termasuk panjang umur.

Dilansir victorynews.id dari pikiran rakyat.com dengan judul Para Ahli Sebut Minum Kopi Menurunkan Risiko Kematian 30 Persen, Begini Penjelasannya, sekelompok peneliti The Annals Internal of Medicine, yang mengatakan bahwa minum kopi di pagi hari menurunkan risiko kematian.

Hal tersebut juga berdasarkan survei yang dilakukan pada orang yang minum satu hingga tiga setengah cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan 30 persen lebih kecil untuk meninggal dunia.

Baca Juga: Rakernas Partai NasDem Rekomendasikan Anies, Andika, dan Ganjar sebagai Bakal Calon Presiden

Risiko tersebut juga berlaku bagi penikmat kopi yang kerap mengkonsumsi kopi dengan satu sendok teh gula, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Minum kopi tanpa pemanis juga terbukti memiliki peluang sebanyak 16 hingga 21 persen lebih kecil meninggal dunia.

Survei juga dikaitkan dengan analisis data konsumsi kopi yang dikumpulkan dari UK Biobank, yaitu database medis terbesar di Inggris dengan informasi kesehatan dari seluruh warga yang tinggal di Inggris.


Melalui UK Biobank, para peneliti juga menganalisis berbagai elemen pendukung yang berkaitan dengan warga yang aktif minum kopi, seperti informasi demografis, gaya hidup, dan pola diet yang datanya diambil 170.000 orang yang berusia antara 37 hingga 73 tahun.

Kendati demikian, penelitian ini dinilai hanya menguntungkan bagi mereka yang minum kopi tanpa dan kopi yang mengandung kafein.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manajer Ditangkap Polisi, BCL Justru Menghilang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:06 WIB

Nikita Mirzani Jalani Wajib Lapor yang Ketiga Kali

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:22 WIB

UNIK!! Keluarga Bule Jerman Fasih Berbahasa Jawa

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:41 WIB

Jason Momoa, Aktor Tampan Amerika Jadi Pramugara

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:12 WIB
X