Inspiratif, Alumni SMK Negeri 4 Kupang Buka Usaha Tenun

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 05:30 WIB
Alumni SMK Negeri 4 Kupang Herlin Rato sedang menenun di tempat usaha bersama rekan-rekannya Community Tenun Millenials di Jalan El Tari, Kota Kupang, NTT. (victorynews.id/Kekson Salukh)
Alumni SMK Negeri 4 Kupang Herlin Rato sedang menenun di tempat usaha bersama rekan-rekannya Community Tenun Millenials di Jalan El Tari, Kota Kupang, NTT. (victorynews.id/Kekson Salukh)

KUPANG, VICTORYNEWS - Komitmen Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK Negeri 4 Kupang, NTT untuk melahirkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha benar-benar nyata.

Satu dari ribuan alumni SMK Negeri 4 Kupang Herlin Rato membuktikan hal itu. Alumni yang lulus pada tahun 2021 itu bersama empat rekannya merintis usaha Tenun.

Kelompok usaha Tenun yang mereka beri nama 'Community Tenun Millenials' itu terletak di Jalan Frans Seda tepatnya di perempatan lampu merah El Tari, Kota Kupang.

Baca Juga: Terima Anggota KAHMI di Istana Bogor, Presiden Joko Widodo Beri Pesan Menohok

Kelompok Tenun Millenials melakukan produksi kain tenun Sotis dari berbagai jenis motif yang ada di NTT.

Mereka juga membuat berbagai jenis souvenir seperti masker, gelang, anting-anting, kalung, dan gantungan kunci yang berbahan dasar kain tenun.

"Selain selimut dan sarung tenun, kami juga membuat berbagai jenis souvenir yang berbahan dasar kain tenun," tandasnya saat dikunjungi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi dan Kepala SMK Negeri 4 Kupang Semi Ndolu, Jumat (30/9/2022) petang.

Baca Juga: Menteri PUPR Temui Penjabat Wali Kota Kupang, Hal Ini yang Dibahas

Alumni SMK Negeri 4 Kupang jurusan Tekstil itu mengatakan, selain pengalaman yang diperoleh di bangku SMK Negeri 4 Kupang, ia pernah mengikuti program Pendidikan Kecakapan Kewirausahaan (PKW) yang dibiayai Direktorat Kursus dan Pelatihan, Dirjen Pendidikan Vokasi, Kemdikbud Ristek RI.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ramalan Zodiak 8 Desember 2022, Libra Mulai Buka Hati

Kamis, 8 Desember 2022 | 15:23 WIB
X