Gubernur VBL Kunjungi Ribuan Korban Badai Seroja

berbagi di:
img-20210406-wa0073

 

Rombongan Gubernur NTT, Viltor Bungtilu Laiskodat, menuju ke SMPK Sabar-Subur Betun, untuk memantau langsung korban banjir bandang yang mengungsi ke tempat tersebut, Selasa (6/4). Foto: Wilfrid Wedi/vn.

 

 

 

Wilfrid Wedi

 

 

GUBERNUR NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) ada di tengah warganya dan bersama semua pemangku kepentingan bahu-membahu menghadapi berbagai jenis bencana yang menerpa wilayah tersebut.

 

Sejak Selasa (6/4) subuh, Gubernur VBL bersama rombongan meninggalkan rumahnya. Tujuannya, Kabupaten Malaka, salah satu wilayah terdampak bencana. Tapi sebelum sampai di Malaka, Gubernur VBL menyempatkan waktunya menyapa warga di Kabupaten Kupang.

 

Rombongan Gubernur NTT, VBL tiba di Malaka, Selasa (6/4) sekira pukul 19.00 Wita. Setiba di Malaka, Gubernur VBL langsung mengunjungi ribuan korban banjir bandang yang telah dievakuasi di SMPK Sabar-Subur Betun.
Dengan langkah tegak, Gubernur VBL menyapa korban banjir “Selamat malam”. Kemudian langsung menuju salah satu ruangan yang dipenuhi anak-anak bersama ibu mereka. Ternyata, mereka sedang menanti kehadiran sang pemimpin.
Sembari bertanya kepada penjabat Bupati Malaka, Viktor Manek, terkait jumlah anak-anak terdampak bencana. Gubernur VBL terus mendengar dan meresapi isak tangis dan kelu kesah warganya. Penjabat Bupati Viktor Manek hanya diam.
Lalu, tangisan anak-anak pun pecah. Ibu-ibu mereka juga menangis.
Saat itu, Gubernur VBL lalu menenangkan salah seorang ibu yang sedang menggendong anak. Sambil berkata, “tenang, kalian sudah makan?,” tanya Gubernur VBL. Salah seorang ibu kemudian menyahut “kami sudah makan bapak”. Kemudian Gubernur VBL lalu berkata, “Terima kasih”.

 
Beranjak dari situ, Gubernur VBL menuju ruang stok obat. “Apakah stok obat-oabatan aman,” tanya Gubernur VBL. Lalu salah seorang perawat yang berbaris rapi berpakaian APD menyahut, “aman bapak”.

 

 
Terima Kasih Suster

 
Selanjutnya, Gubernur VBL bersama rombongan menuju ke aula Susteran SSPs Betun untuk memastikan ketersediaan logistik di dapur umum. Pada kesempatan itu, Gubernur VBL menyampaikan terima kasih kepada para suster yang telah memperlancar dan membantu korban bencana.

 
“Terima kasih suster, sudah membantu pemerintah dalam menangani korban banjir,” kata Gubernur VBL.

 
Kepada wartawan, Gubernur VBL mengatakan, kehadirannya di Malaka untuk memastikan korban yang terkena bencana banjir akibat adanya Siklon Tropis Seroja bisa ditangani secara baik.

 

 

“Saya melihat Penjabat Malaka, Pak Dandim, Pak Kapolres semua stakeholders baik dari pihak gereja, MUI turut berpartipasi. Ini merupakan sebuah kolaborasi yang baik dalam rangka menangani masalah-masalah bencana dan tentu masalah kemanusiaan dan saya hanya mau memastikan itu,” tandasnya.

 
Dikatakannya, hari ini dirinya akan melihat seluruh infrastruktur yang rusak akibat bencana yang melanda Kabupaten Malaka

“Besok (hari ini) kita akan lihat infrastruktur yang rusak akibat bencana, sehingga dapat dipulihkan dan masyarakat bisa kembali ke rumah untuk melakukan aktivitas seperti biasa,” ujarnya.

 

Tanggung Jawab Pemerintah

 
Berkaitan dengan rumah terendam dan kebun rusak serta seluruh infrastruktur lainnya, Gubernur VBL menyatakan, masalah tersebut menjadi tanggung jawab pemerintah.

 
“Kehadiran pemerintah untuk mengatasi itu. Untuk kerusakan dan lain-lain pasti kita akan ambil alih sehingga masyarakat bisa kembali ke rumah dan bekerja seperti biasa,” ujarnya.

 
Penjabat Bupati Malaka Victor Manek pada kesempatan tersebut menyampaikan, untuk stok pangan dan obat-obatan masih dalam keadaaan aman dan ditangani secara baik.

 
“Kemudian untuk korban bencana ada lima orang meninggal dunia dan satu di antaranya masih dalam proses pencarian dan hingga saat ini belum ditemukan,” kata Victor Manek. (R-2/Yan/ol)