Gurbernur VBL Panen Jagung di Desa Bena TTS

berbagi di:
img-20201114-wa0018

Megi Fobia

GUBERNUR NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) melakukan panen jagung di Desa Bena, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabulaten TTS yang termasuk salah satu titik pengembangan program tanam jagung panen sapi (TJPS). Setelah panen, Gubernur VBL menyerahkan bantuan berupa benih jagung, padi dan kacang hijau untuk menghadapi musim tanam satu 2020.

“Dimusim Tanam satu 2020 yakni September-Maret untuk padi, maka harus bangun pagar sehingga setelah panen padi, lahan itu digunakan untuk TJPS maka hasilnya akan sangat memuaskan jika tidak dimakan ternak. Oleh karena itu, tahun depan kita harus menikmati hasil yang jauh lebih baik dan lebih memuaskan,”Kata Gubenrur VBL ketika melakukan panen jagung di Desa Bena Kecamatan Amanuban Selatan, Sabtu (14/11).

Setelah program TJPS membuahkan hasil yang memuaskan pada tahun 2021, maka Pempov NTT akan segera membangun pabrik pakan ternak babi dan ayam. Sebab, jagung yang dipanen tidak hanya untuk ekspor dan konsumsi tetapi diolah untuk pakan ternak.

“Ada masyarakat yang bilang tanaman jagung dimakan ternak sapi, sehingga dimusim tanam ini harus kerja pagar hidup sehingga tanaman tidak menjadi korban,”Katanya.

Salah seorang ketua Kelompok, Darius Bel kepada Gubernur VBL mengatakan bahwa masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani itu sangat mendukung program TJPS tersebut. Namun, ada kendala yang dialami yakni setelah jagung tumbuh dimakan ternak sapi masyarakat.

“Kami sangat mendukung program tersebut yang sangat bermanfaat bagi kami masyarakat, tetapi ada ternak yang makan jagung setelah tumbuh,” katanya.

Darius mengatakan sebagai salah satu upaya untuk menyelamatkan jagung yang dipanen hari ini adalah membuat rumah kecil di pinggiran kebun untuk menjaga agar sapi tidak lagi masuk ke kebun yang ditanam jagung dan jenis tanaman lainnya.

Oleh karena itu, Darius berjanji pihaknya akan meraup hasil panen jagung yang lebih banyak ditahun 2021 setelah panen padi. Karena pihaknya ingin menunjukkan kepada Gubernur VBL bahwa masyarakat di Bena mendukung program tersebut. (Yan/ol)