Hari Bebas Kendaraan Di Malam Pergantian Tahun

berbagi di:
tahun baru

 

 

Mutiara Malahere

Polres Kupang Kota melaksanakan cipta kondisi menjelang perayaan malam pergantian tahun dengan memberlakukan sistem Car Free Night demi menciptakan situasi kondusif dan mengantisipasi kemacetan selama malam pergantian tahun.

Hal ini diungkapkan Kapolres Kupang Kota AKBP Anthon C Nugroho melalui Kasat Lantas Iptu Rocky Junasmi kepada wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (30/12).

Adapun pemberlakuan Hari Bebas Kendaraan (Car Free Night) pada pukul 21.00 Wita- 01.00 Wita dini hari berpusat pada di jalan El Tari, serta beberapa lokasi yang melaksanakan perayaan malam pergantian tahun 2018.

“Dalam pemberlakuan Car free Night ini, kami memberlakukan satu jalur pada ruas jalur pada ruas Jalur El Tari untuk arus kendaraan, sedangkan jalur satunya untuk kantong parkir, serta pada beberapa ruas jalur lainnya seperti jalan Jenderal Soedirman, Jalan Cak Doko, dan Jalan Tompelo akan kami terapkan pemberlakuan satu jalur demi menghindari kemacetan selama berlangsungnya perayaan malam tahun baru,” ungkap Rocky.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan kendaraan roda empat untuk menghindari kemacetan.

“Kami memprediksi akan ada titik kemacetan pada sejumlah titik keramaian sehingga kami melakukan pengalihan jalur dan rekayasa arus lalulintas, sehingga masyarakat pun harus mengetahui lokasi perayaan tahun baru sehingga dapat terhindar dari kemacetan,” ungkap Rocky.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk menaati aturan dan tidak menggunakan knalpot racing dan melakukan balap liar di jalan raya sehingga tidak mengganggu masyarakat yang merayakan tahun baru.

“Penggunaan knalpot racing sangat mengganggu sehingga semua pihak harus melakukan pengawasan bersama demi menjaga situasi kondusif selama berlangsungnya perayaan malam pergantian tahun,” tambah Rocky.

Terkait dengan sanksi terhadap penggunaan knalpot racing, lanjut Rocky, pihaknya akan melakukan tindakan tegas berupa tilang selama tiga bulan barulah disidangkan,” tegas Rocky.

Pihaknya berharap agar semua masyarakat Kota Kupang dapat merayakan tahun baru dengan tertib, aman serta tetap menjaga situasi kondusif.

 

11 Pos Amankan Akhir Tahun

Kapolres Kupang Kota AKBP Anthon C Nugroho menambahkan dalam pengamanan akhir tahun, pihaknya mempersiapkan sebanyak 363 personil Polri yang akan mengamankan sebanyak 114 unit gereja Kristen dan Katolik yang akan melaksanakan ibadah syukuran pergantian tahun.

Selain itu pihaknya juga telah menyiapkan sebanyak 7 pos pengamanan dan 4 pos pelayanan yang pada sejumlah titik di Kota Kupang serta semua personil polri akan memberikan pelayanan kemanusiaan bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah pergantian tahun.

Dalam hal ini, lanjut Anthon, pihaknya juga telah siap mengamankan perayaan malam pergantian tahun pada 11 titik di wilayah Kota Kupang.

Adapun ke-11 titik perayaan tahun baru antara lain Rumah jabatan Gubernur NTT, Terminal Kupang (Pantai Tedys), Halte Mandiri, Strat A Oeba, Halaman depan Teluk Kupang (depan Polsek Kelapa Lima), Halaman Kantor Walikota,

Taman Nostalgia, Hotel On The Rock, Hotel Aston, Beer and Barrel dan Dancing Hall.

“Kami tetap memastikan agar perayaaan malam pergantian tahun dapat berlangsung aman dan kondusif serta tidak terjadi tindakan lakalantas yang meresahkan,” pinta Anthon. (bev/ol)