Hari Ini 627 Ekor Kuda Berlomba di Bupati Cup 2017

berbagi di:
Inilah suasana pendaftaran hari kedua Palapang Njara Bupati Sumba Timur Cup 2017, di Lapangan Pacuan Kuda Rihi Eti, Kelurahan Prailui, Kecamatan Kambera, Sabtu (21/10).

 

 
Frangky Johannis

Ratusan kuda dari berbagai penjuru Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur serta kuda tamu dari Kabupaten Sumba Tengah, Sumba Barat, Timor Tengah Utara (TTU), dan Kupang akan berlomba dalam Palapang Njara Bupati Sumba Timur Cup 2017, di Lapangan Pacuan Rihi Eti, Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, hari ini, Rabu (25/10).

Ketua Pengkab Pordasi Sumba Timur selaku penanggung jawab pelaksanaan Bupati Cup 2017 Felix Wongkar menjelaskan, Palapang Njara Bupati Cup 2017, rencananya akan dibuka oleh Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali.
Menurutnya, data terakhir pendaftaran dan pengukuran, sebanyak 627 ekor kuda tersebut akan berlomba dalam 15 kelas sejak 25 Oktober hingga 4 November mendatang. Kuda-kuda tersebut akan bersaing memperebutkan gelar tercepat di kelas masing-masing, dan memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah.

Menurutnya, juara 1 pada setiap kelas akan memperoleh piala tetap, piagam penghargaan, dan hadiah Rp 7 juta, juara 2 memperoleh piala tetap, piagam penghargaan, dan hadiah Rp 6 juta, juara 3 memperoleh piala tetap, piagam penghargaan, dan hadiah Rp 5 juta, dan juara 4 memperoleh piala tetap, piagam penghargaan, dan hadiah Rp 4 juta.

Ia mengimbau agar semua pihak yang terlibat dalam turnamen ini, baik para pemilik kuda, penonton, dan para suporter bisa menjunjung tinggi nilai sportivitas dan persaudaraan sebagai pecinta olahraga berkuda yang merupakan tradisi masyarakat Sumba.

Armin Hamanay, anggota panitia Seksi Pendaftaran, menjelaskan, hingga hari terakhir, Selasa (24/10), total yang mendaftar berjumlah 627 ekor kuda, yakni kelas Pemula Mini 184 ekor, Kelas Pemula 1, 92 ekor, Kelas Pemula 2, 105 ekor, Kelas Pemula 3, 27 ekor, Kelas Pemula Super 17 ekor, Kelas A 18 ekor, Kelas AA 9 ekor, Kelas A Super 7 ekor, Kelas B 24 ekor, Kelas C 23 ekor, Kelas D 25 ekor, Kelas D Mini 13 ekor, Kelas E 41 ekor, Kelas EE 32 ekor, dan Kelas E Super 10 ekor.
Kelas A dan Pemula Mini
Stefanus Pekuwali, Ketua Seksi Acara menjelaskan, hari pertama pelaksanaan Bupati Cup 2017, akan dilombakan Kelas A dan Pemula Mini.

Menurutnya, perlombaan sesuai drawing run start (penarikan undian start) yang dilakukan, untuk hari pertama akan dilaksanakan dalam 51 race, Kelas A lima race dan Kelas Pemula Mini 46 race.

Mengingat banyak race di hari pertama, kata dia, panitia akan konsisten dengan jadwal pertandingan pada pukul 09.00 Wita. Untuk itu diharapkan para pemilik kuda hadir tepat waktu dan mempersiapkan hal-hal yang diperlukan, agar acara lomba bisa berlangsung tepat waktu dan diselesaikan lebih awal, sehingga tidak ada race yang tertunda.

“Kami mengimbau pemilik kuda khusus yang berlomba pada Kelas A dan Pemula Mini dapat menghadirkan kuda sebelum pukul 09.00 Wita, sehingga seluruh race yang diprogramkan untuk hari pertama dapat diselesaikan dan tidak ada yang tertunda,” imbuhnya.
Suasana penarikan (drawing) race, di Toko Mustika, kenarin malam, untuk kuda pacu Kelas A dan Pemula Mini yang akan berlaga di hari pertama Palapang Njara Bupati Cup, hari ini.