Hari Ini Frans Lebu Raya Diperiksa

berbagi di:
img-20191111-wa0025

Mantan Gubernur NTT Frans Lebu Raya tampak sedang berjalan memasuki ruang pemeriksaan. Foto: Kekson Salukh/VN

 

 

 

Kekson Salukh

Mantan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi pembangunan gedung NTT Fair di pengadilan Tipikor Kupang pada Senin, (11/11).

Informasi yang dihimpun VN di lingkungan pengadilan Tipikor Kupang menyatakan selain Frans Lebu Raya, rencananya Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi NTT Benediktus Polo Maing dan Ler Jae Sik Alias Mr Lee (suami terdakwa Linda Liudianto) akan ikut diperiksa.

Sebelumnya, Lebu Raya dan Polo Maing disebut-sebut menerima fee proyek NTT Fair dari kontraktor pelaksana yang diserahkan Kadis PRKP Yuli Afra melalui ajudan.

Lebu Raya diduga menerima fee sebesar Rp 658 juta dan Polo Maing diduga menerima fee Rp 100 juta. Sedangkan Mr Lee ,sesuai pengakuan para saksi yang dilansir dalam berita sebelumnya berperan sebagai kontraktor pelaksana yang menggantikan istrinya Linda Liudianto di lapangan.

Sekda NTT Benediktus Polo Maing (mengenakan baju keki ASN) tampak berjalan menuju ruang saksi. Foto: Kekson Salukh/VN
Sekda NTT Benediktus Polo Maing (mengenakan baju keki ASN) tampak berjalan menuju ruang saksi. Foto: Kekson Salukh/VN

Pantauan VN, sejak pukul 09.00 Wita JPU maupun sejumlah jaksa berpakain bebas dari kejaksaan tinggi NTT dipimpin kepala seksie penerangan hukum (Kasie Penkum) Kejati NTT, Abdul Hakim sudah berada di lingkungan pengadilan Tipikor.

Turut hadir mantan Wakil Gubernur NTT, Beny Litelnoni yang sudah hadir sejak pukul 08.00 Wita. Beny datang mengenakan baju kemeja putih jingga dipadu celana kain coklat dan sepatu kets biru putih.

Tampak mantan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya sudah tiba di pengadilan Tipikor Kupang tepat pukul 09.30 Wita diantar kerabat dan keluarga. Lebu Raya mengenakan baju kemeja putih dipadu celana panjang hitam.

Mr Lee datang didampingi kuasa hukumnya Edy Makandolu
Mr Lee datang didampingi kuasa hukumnya Edy Makandolu

Lima menit kemudian tampak Mr Lee datang didampingi kuasa hukumnya Edy Makandolu disusul Sekda NTT Benediktus Polo Maing. Hingga berita ini diturunkan, ketiga saksi tersebut sedang berada di ruang tunggu saksi.

Sidang akan dipimpin hakim ketua Dju Johnson Mira Mangngi didampingi Ali Muhtarom dan Ari Prabowo sebagai hakim anggota. (bev/ol)