Hasil Swab Kerabat Pasien Covid-19 Asal TTU Segera Dirilis

berbagi di:
virus-corona-belum-ditemukan-di-lampung

 

 

 

 

 

Gusty Amsikan
Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), melalui Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19, tengah menunggu hasil swab ke-7 kerabat pasien Covid-19 yang merupakan seorang mahasiswi kedokteran UNDIP Semarang-Jawa Tengah asal Kabupaten TTU .

Hasil swab Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z.Johannes Kupang, dipastikan akan segera dirilis dalam waktu dekat, oleh Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Provinsi NTT, jika dinyatakan positif. Namun sebaliknya, maka hasil swab tersebut akan disampaikan kepada Tim Gugus Tugas Kabupaten dan akan dirilis langsung Bupati TTU, guna menekan tingkat keresahan masyarakat pasca TTU dinyatakan positif Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19, Kabupaten TTU, Kristoforus Ukat, kepada VN Minggu (12/7), di Kefamenanu.

Kristoforus mengatakan, selain melakukan karantina terpusat kepada 7 orang yang disebut melakukan kontak langsung dengan pasien Covid-19, 13 ASN pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (DPKO) Kabupaten TTU yang ditengarai melakukan kontak fisik dengan ayah sang pasien yang bertugas sebagai kepala seksi Paud pada DPKO.

Menurut Kristoforus, hasil swab Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z.Johannes Kupang, bakal segera dirilis Tim Gugus Tugas Provinsi, jika hasilnya dinyatakan positif. Pasalnya, proses swab terhadap ke-7 kerabat pasien telah dilakukan empat hari yang lalu.

“Untuk 7 orang yang dikarantina terpusat di Rusunawa, sudah di Swab dan sudah dikirim kurang lebih empat atau lima hari yang lalu. Kita berharap hasilnya negatif. Dan untuk hasil swab pasien juga dipastikan tidak lama lagi akan dirilis. Semua akan dirilis melalui Tim Gugus Tugas Provinsi,” pungkasnya.

Ia menambahkan, dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19, Tim Gugus Tugas Kabupaten TTU telah melakukan screening terhadap 13 ASN pada Dinas PKO Kabupaten TTU. Apabila dalam waktu dekat ditemukan adanya gejala yang mengarah pada fenomena covid-19, maka akan dilakukan test rapid terhadap ke-13 ASN.

Ia juga mengimbau, kepada masyarakat yang pernah melakukan kontak langsung dengan ibu pasien, atau ayah maupun pasien positif Covid-19 agar sadar dan secara sukarela melaporkan kepada Tim Medis Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten TTU, guna diambil langkah pemeriksaan. Masyarakat juga diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar bersama-sama mencegah mata rantai penyebaran virus tersebut.(bev/ol)