Hasil Swab Negatif, 19 Warga Karantina Dipulangkan

berbagi di:
img-20200530-wa0061

 

 

 

 

Yunus Atabara

Sebanyak 19 warga karantina di eks Kantor Bupati Siikka Jalan Ahmad Yani Maumere, dipulangkan, Sabtu (30/5) siang.

Juru bicara Satgas Covid-19 Sikka, Petrus Herlemus mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan swab PCR di Lab Molekular RS W.Z Johannes Kupang 19 sampel warga tersebut negatif.

Herlemus menegaskan meski hasil swab negatif namun mereka masih harus mealukan karantina mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing dan mematuhi protokol kesehatan. Kepala desa dan camat juga akan terus mengawasi 19 warga tersebut.

Pemulangan 19 warga karantina dikoordinir BPBD Sikka yang dipimpinan Kepala BPBD Sikka M. Daeng Bakir. Hingga pukul 12.00 Wita seluruh warga karantina sudah dipulangkan.

Warga karantina ada yang dijemput langsung oleh keluarga dan ada yang diantat oleh Satgas Covid-19 Sikka dengan menggunakan kendaraan Satpol PP dan mobil operasional BPBD Sikka.

Warga karantina yang berdomisili di wilayah kepulauan langsung diantar ke Pelabuhan Laurens Say. Mereka akan menumpang kapal motor ke desa masing-masing. Hingga saat ini tidak ada lagi warga yang dikarantina di eks Kantor Bupati Sikka.

Sedangkan 9 warga karantina lain saat ini masih menjalani karantina di Puskesmas Waigete karena hasil rapid test reaktif. Mereka masih menunggu pemeriksaan hasil swab dari lab. (bev/ol)