Hasil Tes 92 Sampel Swab NTT Hari Ini Negatif

berbagi di:
img-20200527-wa0038

 

 

 

 

Stef Kosat

Data Laboratorium Biomolekuler RSUD W.Z Johannes Kupang menunjukan hasil tes atas 92 sampel swab yang diperiksa Rabu, (27/5) negatif sehingga tidak ada penambahan kasus Covid-19 di NTT.

Kasus positif Covid-19 di NTT tetap 85 kasus.

Hal ini ditegaskan Sektetaris Gugus Tugas drg. Dominikus Minggu Mere dalam keterangan persnya, Rabu (27/5), di Kantor Dinkes NTT.

Menurutnya, 92 sampel swab yang diperiksa berasal dari Kota Kupang (RSUD WZ Johannes, RSU Titus Ully/ Bayangkara, RSU Siloam Kupang), RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, dan TC Hilres Maumere.

Meski tidak ada penambahan kasus Covid-19, tetapi ada 11 kasus lama yang hasil tes swab kedua masih dinyatakan positif. Sehingga belum ada pasien yang sembuh selain 9 orang sebelumnya sudah sembuh setelah hasil tes swab kedua dinyatakan negatif.

“Ada dua bets pemeriksaan (dua tahap). pemeriksaan pada bets-1 sebanyak 46 sampel menunjukan 8 sampel swab dari pasien yang masih menjalani perawatan tetap reaktif atau positif Covid-19. Sedangkan hasil pemeriksaan di bets-2 dari 46 sampel hanya 3 sampel yang positif dan ini juga pasien lama,” jelasnya.

Saat ini masih ada 108 sampel swab dari daratan Sumba dan Flores yang belum diperiksa. Pihaknya sedang menunggu hasil tracking berbagai kabupaten dan menunggu penerbangan untuk dikirim ke Kupang.

“Kalaupun tidak bisa maka besok Kamis 28 Mei 2020, Dinkes bekerjasama dengan BPBD Manggarai Barat untuk mengangkut lagi sampel di Maumere dan Labuan Bajo,” ungkapnya.

Ia menambahkan sampai saat ini, kasus positif Covid-19 terbanyak masih ditempati Kabupate Sikka sebanyak 27 kasus, Kota Kupang 20 kasus, Manggarai Barat 14 kasus, Sumba Timur 8 kasus, Ende 6 kasus, Rote Ndao 2 kasus, TTS 3 kasus, Nagekeo 3 kasus, Flotim 1 kasus, dan Manggarai 1 kasus.

Saat ini, total kasus postif Covid-19 terkonfirmasi positif sebanyak 85 , sembuh 9 orang dan meninggal 1 orang, sedangkan yang sedang menjalani perawatan sebanyak 75 orang pungkasnya. (bev/ol)