Hasil Tracing Satu Orang Keluarga MDH Reaktif

berbagi di:
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao drg Suardi

drg Suardi, Kadis Kesehatan Kabupaten Rote Ndao

 

 

Frangky Johannis

Hasil tracing yang dilakukan Tim Medis Puskesmas Busalangga, Kecataman Rote Barat Laut terhadap keluarga almarhumah MDH, terdapat satu orang yang reaktif rapid antibody.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao drg Suardi, saat dikonfirmasi VN di ruang kerja Sekda Rote Ndao Jonas M Selly, selaku Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Selasa (26/1).

Suardi menjelaskan sesuai laporan yang diterimanya pagi tadi, tim medis Puskesmas Busalangga, Senin (25/1) melakukan pemeriksaan terhadap 19 orang kontak erat dengan almarhumah MDH. Hasilnya salah satu dari 19 yang dilakukan tracing dan pemeriksaan reaktif rapid test antibody.

“Jadi tracing yang dilakukan tim medis Puskesmas Busalangga, kemarin, ada satu pihak keluarga yang reaktif rapid antibody, yang akan pantau dan ditangani kondisinya,” kata Suardi.

Suardi menambahkan, selanjutnya penanganan lanjutan bagi yang reaktif tersebut, hari ini akan dilakukan rapid antigen untuk memastikan virus yang terdeteksi saat rapid antibody tersebut terkonfirmasi positif saat rapid antigen.

“Jadi kita masih menunggu hasil rapid antigennya seperti apa, barulah akan dapat ditentukan penanganannya,” katanya.

Terkait persoalan ini, kata Suardi, pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa setempat, dan juga Puskesmas Busalangga untuk terus memantau, termasuk jika masih ada keluarga yang melakukan kontak erat dengan almarhumah.

“Nantinya siapa saja kontak erat dengan almarhumah DMH yang menunjukkan gejala klinis, akan ditindaklanjuti dengan penanganan sesuai SOP penanganan Covid-19,” tutup Suardi. (bev/ol)