Helikopter BNPB Antar APD di Sikka

berbagi di:
img-20210113-wa0019

Sebuah Helikopter milik BNPB yang membawa APD saat mendarat di Lapangan Umum Kota Baru Maumere, Rabu (13/1) pagi.

Yunus Atabara

SEKITAR pukul 10.20 Wita, sebuah Helikopter milik BNPB dengan nomor RA 24427 mendarat di Lapangan Kota Baru Maumere. Sontak kondisi itu membuat warga sekitar berbondong-bondong untuk menyaksikan dari dekat.

Pantauan VN di Lapangan Kota Baru Kelurahan Beru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, yang sedang diguyur hujan deras, terlihat puluhan anggota TNI dan Polisi serta sejumlah staf BPBD Kabupaten Sikka.

Melihat kondisi masyarakat yang memenuhi badan jalan sekitar Lapangan Umum Kota Baru, sebuah mobil penerangan milik Polres Sikka, menggunakan pengeras suara meminta agar masyarakat tidak berkerumun dan membubarkan diri.

Sejumlah anggota BPBD Provinsi NTT menyerahkan secara simbolis yang diterima oleh sekretaris BPBD Kabupaten Sikka. Selanjutnya seluruh APD dan beras langsung dipindahkan dari Helikopter ke mobil BPBD Sikka.

Kurang lebih 20 menit kemudian Helikopter milik BNPB mendarat di Lapangan Kota Baru, langsung take off dari Lapangan Kota Baru menuju Kupang.

img-20210113-wa0020

Sekretaris BPBD Kabupaten Sikka kepada VN mengatakan bahwa Helikopter BNPB mengantar bantuan APD untuk BPBD Sikka.

Afelinus menjelaskan bahwa bantuan itu merupakan bantuan rutin yang seharusnya diambil sendiri di BPBD Provinsi. Tetapi karena kondisi Covid-19 sehingga dari BPBD Provinsi yang antar langsung.

“Ini bantuan rutin, yang seharusnya kami ambil sendiri di provinsi. Tetapi karena kondisi covid l-19 sehingga bantuan ini diantar pake helikopter,” kata Afelinus.

Menurut Afelinus, jenis bantuan dari BPBD Provinsi itu adalah pakaian APD 240 set, Masker Kain 3 ribu buah, Masker Kesehatan KN 95 600 buah,  Masker Kesehatan KS 94, 100 buah, Masker Medis, hand sanitizer, hand sprier dan beras 500 kg.

Terkait informasi bahwa Helikopter BNPB antar vaksin ke Sikka, Afelinus membantah bahwa tidak ada konfirmasi dari BPBD Provinsi maupun dari pihak Dinas Kesehatan Provinsi NTT.

“Kalau untuk vaksin belum ada konfirmasi dari pihak terkait. Hari ini Helikopter BNPB hanya antar bantuan APD,” ujarnya.

Afelinus menambahkan bahwa bantuan APD dari BPBD Provinsi itu, akan didistribusikan apabila permohonan atau permintaan dari pihak Rumah Sakit ataupun pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka.

“Kita akan distribusikan apabila ada permintaan dari pihak Rumah Sakit atau dari Dinas Kesehatan,” katanya.

Hadir dalam penjemputan APD bantuan BPBD provinsi NTT, Sekretaris BPBD Sikka Afelinus, sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka dokter Clara Franchis dan staf BPBD Sikka. (Yan/ol)