Bank Mandiri Peduli Korban Siklon Tropis Seroja di NTT

berbagi di:
img-20210407-wa0030

Area Head Bank Mandiri Kupang NTT, Hermawan Handoyo Widodo didampingi Koordinator CSR Bank Mandiri Kanwil XI Bali-Nusra, Deri W Dethan menyerahkan paket sembako kepada salah seorang warga RT 05, RW 02, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang yang mengungsi di SDI Oesapa Kecil, Kota Kupang, Rabu (7/4) petang.

Paskal Seran

BANK Mandiri Area Bali-Nusa Tenggara menyerahkan bantuan kepada para korban terdampak siklon tropis seroja di lokasi pengungsian SDI Oesapa Kecil 1, Kota Kupang, Rabu (7/4).  Bantuan berupa sembako dari CSR Bank Mandiri itu diserahkan langsung Area Head Bank Mandiri Kupang NTT Hermawan Handoyo Widodo didampingi Koordinator CSR Kanwil XI Bali-Nusra Deri W Dethan kepada masyarakat RT 05, RW 02, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi NTT.

Hermawan Handoyo Widodo mengungkapkan, bantuan itu merupakan tindaklanjut dari Bank Mandiri yang sudah menyerahkan secara simbolis dengan total Rp100 juta melalui BPBD.

“Bantuan ini akan kita salurkan kepada masyarakat terdampak bencana di Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTU dan Malaka,” jelasnya.

Menurut Hermawan, Sebagai inisiatif awal pihaknya menyalurkan bantuan dengan total Rp100 juta.

“Mungkin ini inisiatif awal untuk membantu meringankan masyarakat yang terdampak bencana,” jelasnya.

Menurutnya, Bank Mandiri juga berencana untuk membantu mengembangkan perekonomian masyarakat dengan membantu nasabah-nasabah yang terdampak bencana.

“Kita akan membantu nasabah-nasabah kita yang terdampak untuk memberikan relaksasi kredit, tetapi kita tetap mengikuti aturan-aturan dari OJK dan Pemerintah. Intinya kami ingin perekonomian di NTT segera pulih pascabencana,” tandasnya.

Deri W Dethan menambahkan, bantuan itu merupakan tanggap darurat. Setelah menyerahkan bantuan itu, dirinya akan melakukan pertemuan dengan BPBD untuk memetakan lokasi bencana dan rencana tindaklanjut penanganan bencana di NTT.

“Mungkin tanggap awalnya sudah berupa sembako. Ini penanganan darurat dulu. Ke depan mungkin ada pakaian kepada anak-anak dan juga ibu-ibu yang membutuhkan sebagai tindak lanjut dari Bank Mandiri,” jelasnya.

Sesuai rencana, kata dia, esok bantuan serupa akan diserahkan kepada masyarakat terdampak bencana yang saat ini menghuni posko bencana di Oesapa, Kota Kupang dan Oesao, Kabupaten Kupang.

Dandenbekang Kupang Letkol Cba David Widiharsanto sebagai salah satu koordinator posko bencana di SDI Oesapa Kecil 1 Kupang mengatakan, pihaknya menyediakan makanan bagi para korban bencana.

“Selain makanan, kita juga menyediakan obat-obatan, listrik sebagai penerangan, dan juga MCK yang layak bagi masyarakat terdampak bencana,” ujarnya.

Koordinator Warga Pengungsi di SDI Oesapa Kecil, Kota Kupang Petrus Folla mengungkapkan, sejak hari Minggu, dia bersama warga mengungsi di titik kumpul di kantor BPBD. Setelah situasinya reda, kata dia, baru bergeser ke SDI Oesapa Kecil.

Dia mengakui, saat ini, ada 29 Kepala Keluarga dari RT 05 RW 02 Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang yang mengungsi ke SDI Oesapa Kecil.

“Rata-rata, kami yang mengungsi di sini, rumah hancur dan tidak bisa ditinggali lagi. Ada yang tertimpa pohon dan  hancur ditiup angin,” jelasnya. (Yan/ol)