Hotel Aston Kupang Siap Sambut New Normal Dengan SOP Terbaik

berbagi di:
img-20200601-wa0042

 

 

 

 

 

Sinta Tapobali

Menyambut new normal 15 Juni 2020 mendatang semua sektor akan kembali beroperasi. Salah satunya perhotelan.

Industri Perhotelan di Indonesia khususnya di Kota Kupang akan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) tersendiri dalam pencegahan virus Corona seperti Hotel Aston.

Hal ini disampaikan General Manager Hotel Aston Kupang & Convention Center, Deddy S. Thalib kepada VN, Senin (1/6).

Ia mengatakan SOP dijalankan sesuai prosedur pencegahan virus yang telah ditetapkan badan kesehatan dunia atau WHO.

Prosedur ini mulai dari proses tamu masuk hotel contohnya, jika membawa barang atau luggage maka barang tersebut sudah harus disterilkan dengan desinfektan.

Para tamu yang datang diharuskan untuk mencuci tangan, pakai masker serta cek suhu tubuh.

“Jika tamu yang datang tidak memiliki masker, kami sediakan secara cuma-cuma saat proses check in di counter FO,” kata Dedi.

Hotel juga menyediakan sarana tempat cuci tangan di depan lobby sebelum tamu memasuki area hotel dan ada juga di B1 sebelum tamu memasuki area hotel dari parkiran. Ada pula hand sanitizer di 32 titik di dalam area hotel mulai dari restoran, lobby dan juga di depan lift setiap lantao.

“Tamu tidak perlu khawatir karena bisa langsung membersihkan tangan setelah menekan tombol lift. Bahkan karyawan kami akan selalu mengingatkan tamu mencuci tangan dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer,” ujarnya.

Kebersihan dan sterilisasi kamar-kamar juga diperhatikan dengan baik dimana selalu dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah tamu masuk dan meninggalkan kamar. Sementara untuk meja restoran juga diatur lebih berjarak dan setelah digunakan akan disemprotkan cairan desinfektan.

Untuk proses penerimaan bahan makanan dari supplier akan disterilisasi dan barang dicuci dengan menggunakan bahan kimia khusus untuk bahan makanan, yang kemudian diteruskan ke dapur.

Semua karyawan dapur atau FB Product diwajibkan menggunakan alat pelindung diri berupa masker, sarung tangan berwarna putih agar selalu kelihatan bersih. Sementara untuk karyawan hotel utamanya room boy, diwajibkan menggunakan alat pelindung diri masker dan sarung tangan untuk menjaga kualitas layanan.

Untuk memastikan kesehatan para karyawan hotel, pihaknya juga mewajibkan seluruh karyawan untuk mengisi form online yang telah disiapkan dengan pertanyaan seputar kesehatan karyawan, seperti apakah ada penyakit seperti flu demam atau batuk dan suhu ibadan tinggi. Jika ada penyakit karyawan tidak dibenarkan masuk kerja dan disarankan untuk memeriksakan diri ke RS.

Ia menambahkan dalam waktu dekat semua karyawan Hotel Aston Kupang akan segera diperiksa menggunakan rapid test. (bev/ol)