Dosen Prodi Teknik Elektro Undana Kupang Latih Guru Sekolah Minggu Buat Alat Peraga dari Bahan Bekas

- Sabtu, 16 September 2023 | 16:36 WIB
Para Dosen Prodi Teknik Elektro Undana Kupang berpose bersama peserta pelatihan pembuatan alat peraga dari bahan bekas bagi Guru Sekolah Minggu dan PAUD di Sahid T-More Hotel Kupang, Sabtu (16/9/2023). (Dok. Prodi Teknik Elektro)
Para Dosen Prodi Teknik Elektro Undana Kupang berpose bersama peserta pelatihan pembuatan alat peraga dari bahan bekas bagi Guru Sekolah Minggu dan PAUD di Sahid T-More Hotel Kupang, Sabtu (16/9/2023). (Dok. Prodi Teknik Elektro)

KUPANG, VICTORYNEWS - Para dosen Program Studi (Prodi) Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik (FST) Undana Kupang menggelar pelatihan pembuatan alat peraga dari bahan bekas bagi Guru Sekolah Minggu dan PAUD, Sabtu (16/9/2023).

Pelatihan pembuatan alat peraga oleh para Dosen Prodi Teknik Elektro FST Undana Kupang yang digelar di Hotel Sahid T-More Kupang itu diberikan kepada para guru sekolah minggu dan PAUD dari GMIT Oemathonis Nait, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Untuk menyukseskan pelatihan pembuatan alat peraga dari bahan bekas itu, tim dosen Prodi Teknik Elektro FST Undana Kupang yang terdiri dari Johanis FM Bowakh, ST, MT, Beby HA Manafe, ST, MT, dan Sarlince O Manu, ST, MT menggandeng pemateri Nopsiyana Asti Weo, ST, MT.

Baca Juga: BPOLBF Tarik Minat Wisatawan Australia ke Labuan Bajo

Ketua Panitia Johanis FM Bowakh saat membuka kegiatan itu mengatakan, pelatihan itu merupakan bagian dari pengabdian para dosen kepada masyarakat.

"Sebagai dosen, setiap tahun wajib menggelar paling sedikit satu kali kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sehingga kali ini kami menggelar kegiatan pengabdian dengan memberikan pelatihan pembuatan alat peraga dari bahan bekas," jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini sudah direncanakan sejak awal tahun dan berkoordinasi bersama GMIT Oemathonis Nait, Kecamatan Kupang Barat dengan sasaran para guru sekolah minggu dan PAUD.

Baca Juga: 10 Petarung NTT Lolos Pra PON 2023, Ini Daftar Nama dan Asalnya

"Tema kegiatan ini sudah kami pertimbangkan sehingga tepat sasaran," jelasnya.

Seperti diketahui bersama bahwa para Guru Sekolah Minggu dan PAUD dalam pengajaran membutuhkan alat-alat peraga sehingga murid bisa mengikuti, lebih semangat, dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran.

"Di toko-toko memang sudah ada alat-alat peraga itu, tetapi kami mau mengajak agar para guru sekolah minggu dan PAUD memanfaatkan alat-alat bekas yang sudah tidak terpakai untuk membuat alat peraga sebagai penunjang dalam proses pengajaran," jelasnya.

Baca Juga: Banyak Manfaat Kesehatan, Kenali Beberapa Jenis Siput di Sekitar Anda!

Dengan pemanfaatan alat-alat bekas ini, kata dia, para dosen juga ingin mengajak para guru sekolah minggu dan PAUD untuk menyelamatkan lingkungan dari sampah-sampah plastik maupun kertas sekaligus hemat anggaran.

Menurutnya, pembuatan alat peraga ini sudah pernah dilakukan sebelumnya, tetapi pada kesempatan kali ini, pihaknya ingin mengembangkan untuk pembuatan video dalam pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banyak Manfaat, Begini Cara Membuat Kopi Bubuk

Jumat, 22 September 2023 | 15:23 WIB

Museum NTT Gelar Lomba Karya Tulis Tingkat SMA/SMK

Kamis, 21 September 2023 | 15:27 WIB

Beberapa Jenis Daun Bawang yang Bisa Dimakan

Kamis, 21 September 2023 | 15:03 WIB

BERGIZI! Kenali Manfaat Brokoli untuk Manusia

Kamis, 21 September 2023 | 11:48 WIB
X