Calon Jamaah Haji NTT Bisa Menunggu Hingga 23 Tahun

- Jumat, 28 Januari 2022 | 19:22 WIB
 (Dok.Kanwil Kemenag NTT)
(Dok.Kanwil Kemenag NTT)

KUPANG, VICTORY NEWS-Masa menunggu bagi calon jamaah haji dari wilayah Provinsi NTT untuk dapat menunaikan ibadah haji ke Mekkah ada yang mencapai 23 tahun.

"Apalagi kalau daftar sekarang berarti masa tunggu bisa 24 tahun," ungkap Kepala Bidang Haji dan Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTT, H Husen Anwar, Jumat (28/1/2022).

Hingga saat ini, kata dia, jumlah calon jamaah yang antre mencapai 14 ribu orang. Namun begitu jumlah antrean dari NTT dinilainya tergolong rendah dibandingkan dari NTB maupun dari wilayah Pulau Jawa.

Baca Juga: Belum Dapat Bantuan Seroja, Henderikus Sekeluarga Mengungsi Untuk Sekedar Tidur

Kuota dan masa tunggu ini bergantung pada Arab Saudi dalam ketersediaan wilayah bagi jamaah dari seluruh dunia. Bila nantinya ketersediaan wilayah diperluas apalagi di wilayah Mina dan Arafah maka kuota jamaah dapat bertambah.

Sementara yang telah diperluas, tambahnya, adalah Masjidil Muharram. Namun keputusan prosedural ibadah haji ini sepenuhnya ada pada Arab Saudi.

"Kan sifatnya kemah, kalau bisa tersedia ya kita ikut, cepat malah, seperti kita punya kemarin totalnya 990 jamaah," jelasnya.

Baca Juga: Kemenag Ajukan Vaksin Booster Untuk Calon Jamaah Haji

Sementara ini penentuan kuota calon jemaah haji juga belum ditentukan. Namun untuk kuota murni NTT sendiri, kata dia, sebanyak 663 orang ditambah petugas haji dari daerah sehingga jumlahnya 668 orang.

Nantinya bila ada petunjuk untuk keberangkatan umroh dapat dilakukan maka yang akan berangkat adalah calon jemaah tahun 2019.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Matim Resmikan Pencanangan BIAN

Sabtu, 14 Mei 2022 | 14:59 WIB
X