Kemendikbudristek Dukung Penggunaan Bahasa Ibu Dalam Pembelajaran Kelas Awal di NTT

- Selasa, 8 Maret 2022 | 10:19 WIB
Tangkapan layar Webinar pemanfaatan bahasa ibu dalam pembelajaran bagi siswa penutur bahasa tunggal, yang dilaksanakam secara daring, Selasa (8/3/2022) pagi. (Sinta Tapobali victorynews.id)
Tangkapan layar Webinar pemanfaatan bahasa ibu dalam pembelajaran bagi siswa penutur bahasa tunggal, yang dilaksanakam secara daring, Selasa (8/3/2022) pagi. (Sinta Tapobali victorynews.id)

KUPANG, VICTORY NEWS- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), mendukung penuh penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran kelas awal di Provinsi NTT.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, Prof E Aminudin Aziz, mengatakan, bahasa ibu dipandang sebagai faktor instrumental dan telah menjadi program utama Kemendikbud melalui platform merdeka belajar yang telah diluncurkan pada 22 Februari 2022.

Pendidikan kata Prof Aziz merupakan hal esensial karena menyangkut hak hidup banyak orang. Pendidikan semakin menarik jika dikaitkan dengan bahasa ibu sebagai latar linguistik dalam proses pembelajaran.

Baca Juga: Manajemen Citilink Kupang Tunggu Putusan Resmi Terkait Ditiadakannya Rapid Antigen dan PCR Bagi Penumpang

Hal itu dikatakan Prof Aziz dalam webinar pemanfaatan bahasa ibu dalam pembelajaran bagi siswa penutur bahasa tunggal, yang dilaksanakam secara daring, Selasa (8/3/2022) pagi.

Menurutnya, kebanyak orang berpikir bahwa bahasa daerah adalah bahasa ibu itu sendiri, hal itu tidaklah keliru karena kebanyakan daerah, bahasa daerah mereka adalah bahasa ibu.

"Bahasa ibu merupakan bahasa yang pertama kali didengar dan dijadikan bahasa komunikasi pada masa pertumbuhan anak," ujar Prof Aziz.

Baca Juga: Bupati Manggarai Cek Kondisi Aset Pemda di Langkas

Sehingga penggunaan bahasa ibu dinilai berhasil jika dijadikan bahasa dalam pembelajaran kelas awal bagi anak-anak.

Lebih lanjut dikatakannya, Unesco telah menetapkan 21 Februari sebagai hari bahasa ibu Internasional.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

710 Lulusan UKAW Kupang akan Diwisuda Besok

Jumat, 23 September 2022 | 17:11 WIB

LENGKAP, Serial Terakhir BIG MOUTH

Rabu, 21 September 2022 | 09:57 WIB
X