Bahasa Ibu Dalam Pembelajaran, Hasil Survei 50 Persen ada di Kabupaten Nagekeo

- Kamis, 10 Maret 2022 | 22:36 WIB
 Proses pembelajaran  salah satu Sekolah Dasar di Kota Kupang. (Foto :  Mikael Umbu - Victory News)
Proses pembelajaran salah satu Sekolah Dasar di Kota Kupang. (Foto : Mikael Umbu - Victory News)

KUPANG, VICTORY NEWS-Badan Pengembangan dan Bahasa, Kemendikbud mencatat dari hasil survei penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran paling banyak ditemui di Kabupaten Nagekeo, Provinsi NTT

"Hampir 50 persen siswa menggunakan bahasa ibu dalam kehidupan sehari-hari dan di sekolah," ujar Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), E. Aminudin Aziz dikutip victory news.id dari pikiranrakyat.com, Kamis (10/3/2022) dengan judul pakailah-bahasa-ibu-di-kelas-gunakan-3-model-yang-sesuai-kondisi

Sedangkan, enam persennya para guru yang menggunakan bahasa ibu hanya sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran.

Baca Juga: Diduga Berzinah, Oknum Guru PNS di Nagekeo Terancam Dipecat Tidak Dengan Hormat

Ia menyebutkan, hasil survei tersebut menunjukkan adanya ketimpangan penggunaan bahasa ibu dalam aktivitas sehari-hari dan penggunaannya di dalam kelas.

Ketimpangan ini menunjukkan guru dan satuan pendidikan masih belum melihat pentingnya pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, termasuk kebutuhan akan bahasa yang mereka mengerti.

Padahal, kata Aminudin, saat anak-anak terasing dari bahasa ibunya sendiri, ini bisa menghambat perkembangan pembelajaran anak dan berdampak pada rendahnya kemampuan literasi mereka.

Baca Juga: Jualan Cilok di Ruteng, Perempuan asal Nagekeo Ingatkan Kaum Perempuan Untuk Tangguh

Dengan kebijakan Merdeka Belajar, diharapkan dapat berinovasi untuk menjawab tantangan pembelajaran yang dihadapi tanpa harus khawatir karena regulasi tidak melarang hal tersebut.

Ia juga menambahkan, dilakukan uji coba revitalisasi bahasa daerah berbasis sekolah dan komunitas tutur sudah dilakukan sejak tahun 2021 pada tiga provinsi, yaitu Jawa Barat untuk Bahasa Sunda, Jawa Tengah untuk Bahasa Jawa, dan Sulawesi Selatan untuk Bahasa Jawa, Bugis, dan Toraja.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

710 Lulusan UKAW Kupang akan Diwisuda Besok

Jumat, 23 September 2022 | 17:11 WIB

LENGKAP, Serial Terakhir BIG MOUTH

Rabu, 21 September 2022 | 09:57 WIB
X