Keren, Laskar Rempah Indonesia Buka Lapak Baca di Atas Kapal Niki Mila

- Jumat, 11 Maret 2022 | 09:09 WIB
Para penumpang kapal Niki Mila saat membaca sejumlah buku di Lapak Baca Gratis Komunitas Tilurenu.   (Instagram @Tilurenu)
Para penumpang kapal Niki Mila saat membaca sejumlah buku di Lapak Baca Gratis Komunitas Tilurenu. (Instagram @Tilurenu)

KUPANG, VICTORY NEWS- Kemendikbudristek Melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan telah merekrut pemuda-pemudi dari  34 provinsi yang ada di Indonesia menjadi Laskar Rempah.

Ratusan Laskar Rempah yang menjadi garda terdepan dalam mewartakan keberagaman budaya nusantara itu akan terlibat dalam progam Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022.

Rencananya, para Laskar Rempah akan mengikuti pelayaran panjang dari Surabaya hingga Kupang pada bulan Juni mendatang.

Baca Juga: Tingkatkan Pembangunan, Kemendagri Sarankan Daerah Manfaatkan Skema KPDBU

Pelayaran yang menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewa Ruci itu dilakukan untuk memperkuat diplomasi dan meneguhkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sambil menunggu waktu pelayaran, sejumlah Laskar Rempah dari berbagai daerah berinisiatif membentuk komunitas Tilurenu untuk melakukan kegiatan Jelajah Rempah : Catatan Ekspedisi Pilar Bumi Rempah Berbasis Human Centered Development di Pulau Flores.

Kegiatan jelajah Rempah itu mengambil tema “Gerakan Pemuda Hari Ini : Eksplorasi Nilai Budaya dan Riset Potensi Rempah di Pulau Flores’’.

Baca Juga: Beri Ceramah, Direktur Binpotdirga Mabes TNI AU Dorong Ketahanan Ekonomi

Ada enam Laskar Rempah yang bergabung dalam komunitas Tilurenu. Empat di antaranya sudah berangkat menggunakan kapal laut dari Surabaya menuju Kota Ende.

Empat Laskar Rempah itu masing-masing dari Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Sedangkan dua Laskar Rempah asal NTT dan Bali sudah menunggu di NTT.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

'Perangi' Stunting, Data, dan 'Miracle Tree'

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:38 WIB

Kabupaten Kupang Bentuk Dua Kampung Toleransi

Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:31 WIB

Kadis P dan K NTT Dukung Taman Edukasi Rempah

Senin, 1 Agustus 2022 | 22:50 WIB
X