Kemendikbudristek Bersama Kemenkominfo Siapkan SDM untuk Literasi Digital di Dunia Pendidikan

- Sabtu, 2 April 2022 | 16:33 WIB
Para peserta Bimbingan Teknis Literasi Digital untuk Komunitas Belajar, pada Jumat (1/4/2022).  (Dok.pribadi  Syaiful Lubis)
Para peserta Bimbingan Teknis Literasi Digital untuk Komunitas Belajar, pada Jumat (1/4/2022). (Dok.pribadi Syaiful Lubis)

JAKARTA, VICTORY NEWS-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) bersama BAKTI Kemenkominfo terus meningkatkan layanan pemanfaatan koneksi internet di daerah tertinggal.

Salah satunya melalui penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memahami kebijakan layanan akses internet serta mampu mengimplementasikan platform digital untuk pendidikan.

Kepala Pusdatin Kemendikbudristek, M Hasan Chabibie mengatakan, saat ini dibutuhkan kompetensi SDM pendidikan dalam mengelola dan mendayagunakan teknologi untuk tetap pembelajaran bagi peserta didik.

Baca Juga: Kepala SMPN 6 Nekamese : Seminar PTS dan PTK Sebagai Media Perbaikan Mutu Pendidikan

“Sebanyak 170 guru dari seluruh Indonesia yang merupakan Duta Rumah Belajar (DRB) dan Kapten Belajar.id kami panggil agar mampu mengimplementasikan penggunaan platform digital untuk pendidikan dan mengetahui hasil identifikasi penerapan literasi dan cakap digital dalam proses pendidikan,” terang Hasan dalam sambutannya pada acara Bimbingan Teknis Literasi Digital untuk Komunitas Belajar, pada Jumat (1/4/2022) yang disiarkan melalui

M Hasan juga mengatakan peran DRB dan Kapten Belajar.id juga menjadi penggerak Komunitas Pembelajar dengan semangat kolaborasi dan diversifikasi good practice berbasis kreativitas dan inovasi.

"Sehingga bagian penting dari kemitraan dengan semangat kolaborasi dan ekstensifikasi pelayanan bagi pendidik di seluruh negeri dapat terealisasi,” ucap M Hasan.

Baca Juga: Informasi Cuaca Laut Sangat Penting Guna Mendukung Kegiatan Perikanan

Dalam mengenal produk Layanan Kemendikbudristek, para narasumber dari Pusdatin mengajak para DRB dan Kapten Belajar.id menjadi garda terdepan melakukan inovasi pembelajaran dalam mewujudkan program kementerian yakni Merdeka Belajar.

Sementara itu, Direktur Layanan TI untuk Masyarakat dan Pemerintah, BAKTI Kominfo Danny Januar Ismawan mengatakan, pada tahun 2022 BAKTI Kominfo sedang mempersiapkan peluncuran Satelit Republik Indonesia (Satria) yang akan mampu menyediakan koneksi internet pita lebar untuk 150.000 titik.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lepas 884 Calon Wisudawan, Unwira Gelar Misa Syukur

Jumat, 30 September 2022 | 09:45 WIB

Lagu Cinta Rizki Febian, Lirik Lagu Hingga Tua Bersama

Rabu, 28 September 2022 | 14:43 WIB
X