Gubernur NTT Setuju Dengan Sentilan Dalam Buku Sang Mesias

- Sabtu, 2 April 2022 | 17:22 WIB
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat memegang buku Sang Mesias, Karya Pater Fritz Meko, SVD, saat peluncuran di Kupang, Sabtu(2/4/2022).  (Nahor Fatbanu victorynews.id)
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat memegang buku Sang Mesias, Karya Pater Fritz Meko, SVD, saat peluncuran di Kupang, Sabtu(2/4/2022). (Nahor Fatbanu victorynews.id)

KUPANG, VICTORY NEWS-Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, sangat mengapresiasi karya yang ditelurkan Pater Fritz Meko, SVD sebagai transformasi dalam pewartaan sekaligus aksi nyata rohaniwan dalam bidang literasi dan ilmu pengetahuan.

Viktor berkesempatan meluncurkan buku Sang Mesias sekaligus membuka acara bedah buku dan pameran karya Pater Fritz Meko pada Sabtu (2/4/2022), di Aula Hotel Cahaya Bapa Kupang.

Ia mengaku hadir pada kesempatan itu karena tertarik dengan ide, estetika hingga daya pikir dalam karya tersebut. Selain itu, ia hadir karena secara sosiologi memiliki berbagai pertanyaan kontekstual dan membutuhkan jawaban berdasarkan ilmu pengetahuan mengenai ajaran agama nasrani.

Baca Juga: Kemendikbudristek Bersama Kemenkominfo Siapkan SDM untuk Literasi Digital di Dunia Pendidikan

Bagi Viktor yang sebelumnya telah menyimak buku itu, terdapat berbagai sentilan yang diletakkan dengan sangat tepat oleh Pater Fritz.

Sentilan ini, kata dia, mengenai gereja dalam tugas penggembalaan yang masih kaku dan konvensional. Tak ayal sentilan ini juga mengarahkan interpretasinya pada pemerintah dan politisi.

Baca Juga: Kepala SMPN 6 Nekamese : Seminar PTS dan PTK Perbaiki Mutu Pendidikan

Menurutnya, Sang Mesias merangkum berbagai contoh kompleks dari pertanyaannya mengenai gereja dan otoritas Tuhan, juga mengenai pemikirannya sendiri selama ini tentang praktek pengagungan Kristus di masyarakat, yang semua hadir dalam baris kata sederhana namun berpengaruh besar pada pengetahuan hingga etika gereja saat ini.

Viktor menilai Pater Fritz Meko dapat merangkum kegelisahan itu dalam fokusnya pada kehidupan Mesias yang kompleks namun sederhana.

"Jarang ada pemahaman puisi secara religi seperti ini. Ada sentilan yang menarik," katanya.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah PMK, PLBN Motaain Gunakan Karpet Disinfektan

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:07 WIB
X