Pastikan Siswa Berkompeten, SMK Negeri 6 Kupang Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian

- Selasa, 10 Mei 2022 | 17:51 WIB
Kepala SMK Negeri 6 Kupang, Asa Manasong Lahtang  pose bersama Koordinator Pengawas Pembina SMK se Kota Kupang, Eliaser Benu dan tamu undangan usai acara open ceremony. (Kekson Salukh victornews.id)
Kepala SMK Negeri 6 Kupang, Asa Manasong Lahtang  pose bersama Koordinator Pengawas Pembina SMK se Kota Kupang, Eliaser Benu dan tamu undangan usai acara open ceremony. (Kekson Salukh victornews.id)

KUPANG, VICTORY NEWS-SMK Negeri 6 Kupang mulai melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tahun pelajaran 2021/2022.

Pelaksanaan UKK dengan Skema Uji Kompetensi Profesi di SMK Negeri 6 Kupang itu melibatkan lembaga sertifikasi profesi (LSP) dari Institut Desain dan Bisnis Bali  (IDB Bali), PT Axioo dan SMK Negeri 1 Kupang.

Kepala SMK Negeri 6 Kupang, Asa Manasong Lahtang mengatakan, pelaksanaan UKK di SMK Negeri 6 Kupang akan berlangsung selama tiga hari.

Baca Juga: PKS Usulkan Abubakar Nasidin dan Ustman Jemain Untuk Menjabat Wabup Manggarai Timur

Tujuan UKK, kata Asa, untuk menguji dan memastikan kompetensi siswa-siswi sesuai bidang studi yang mereka pelajari selama ini.

"UKK ini untuk menguji siswa-siswi apakah berkompeten atau tidak. Ada tiga ratus lebih siswa-siswi dari program studi Desain Komunikasi Visual, Teknik Komputer Jaringan, Keuangan, Perkantoran, dan Rekayasa Perangkat Lunak yang mengikuti UKK,." jelasnya.

Siswa-siswi yang mengikuti UKK dengan skema sertifikasi profesi itu, jelas Asa, akan diberikan sertifikat kompetensi berstandar nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Baca Juga: Tiga Wilayah di NTT Dapat Jatah 800 Ton Gula Pasir dan 300 Ton Minyak Curah

"Selama ini yang dilakukan sekolah adalah UKK mandiri sehingga sekolah dan industri yang memberikan sertifikat kompetensi tetapi tidak diakui secara nasional sehingga saat mencari kerja tidak diakui. Makanya sekarang kami pakai skema uji sertifikasi profesi dengan melibatkan pihak luar, " katanya.

Menurut Asa, SMK Negeri 6 Kupang benar-benar mempersiapkan siswa-siswinya untuk benar-benar berkompeten di bidang masing-masing.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Museum Harus Dijadikan Sekolah Kedua

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:05 WIB

Mau Kembangkan Literasi di Desa? Ini Caranya!

Kamis, 23 Juni 2022 | 12:07 WIB
X