Politani Kupang Gandeng Kemendikbudristek dan BDSP Soe Lakukan Riset Pupuk Bio 3

- Senin, 16 Mei 2022 | 16:31 WIB
Tim Peneliti dari Politani Kupang dan Kemendikbudristek bersama BDSP Soe, saat melakukan penelitian di TTS, NTT.  (Megi Fobia victorynews.id)
Tim Peneliti dari Politani Kupang dan Kemendikbudristek bersama BDSP Soe, saat melakukan penelitian di TTS, NTT. (Megi Fobia victorynews.id)

SOE, VICTORY NEWS-Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Kupang, NTT, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti) serta Bussines Development Service (BDSP) Soe melakukan penelitian pupuk Bio 3 Plus, di Kabupaten Kupang dan TTS.

Riset tersebut berjudul, Peningkatan Kualitas Pupuk Organik Cair Bio-3 Plus
Pada Spesifik Tanaman Hortikultura Sebagai Strategi Pengembangan Produksi Tanaman Organik.

Penelitian di Kabupaten TTS, berlangsung di dua titik yakni Desa Tobu Kecamatan Tobu dan Desa Noinbila Kecamatan Mollo Selatan. Sedangkan Kabupaten Kupang lokasinya di Desa Raknamo, Tanah Merah dan Noelbaki.

Baca Juga: Lokasi Danau Seroja kini Kembali Berubah jadi Lahan Pertanian

Pupuk organik cair Bio 3 adalah hasil produksi Ketua BDSP Soe, Johanis Imanuel Baok yang adalah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Balitbangda) Kabupaten TTS.

Salah satu tim peneliti, Lena Walunguru mengatakan, dalam riset dan penelitian di TTS ini pihaknya fokus mengembangkan pupuk organik cair bio 3 menjadi Bio 3 Plus.

Pupuk Bio 3 kata dia, akan dibuat spesifik pada tanaman hortikultura yakni sayuran daun, sayuran buah dan umbi .

"Dalam kegiatan riset ini kita mau cari tau dosis dan konsentrasi yang cocok untuk setiap jenis sayuran tersebut," jelasnya. 

Baca Juga: OMK KUB Maria Virgo Fidelis Paroki St Yoseph Pekerja Penfui Dikukuhkan

Komoditi yang sudah spesifik seperti sayuran daun ( brokoli,pitsae, kol ungu) sedangkan sayuran buah (cabe besar, paprika, tomat) dan umbi (Wortel sama bawang merah)

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Museum Harus Dijadikan Sekolah Kedua

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:05 WIB
X