Kadis Kesehatan NTT: Boleh Lepas Masker, Tetapi Tetap Patuh Vaksinasi

- Rabu, 18 Mei 2022 | 11:31 WIB
Ilustrasi lepas masker. (Naskah ID)
Ilustrasi lepas masker. (Naskah ID)

KUPANG, VICTORYNEWS - Dinas Kesehatan, Pencatatan Sipil Provinsi NTT membenarkan masyarakat NTT dapat beraktivitas di luar ruangan tanpa memakai masker seturut kebijakan Presiden Jokowi.

Kepala Dinas atau Kadis Kesehatan, Pencatatan Sipil Provinsi NTT, dr Messerasi Ataupah menilai tanda-tanda transisi pandemi ke endemik Covid-19 mulai diambil Pemerintah Pusat dengan kebijakan ini.

Namun begitu, Kadis Kesehatan NTT menilai kebiasaan selama pandemi ini bukan merupakan suatu keharusan sehingga semua warga bisa melepaskan masker saat berada di luar ruangan.

Baca Juga: Horeee... Presiden Izinkan Masyarakat Lepas Masker, Begini Penerapannya!

Keputusan itu disebutnya bukan kewajiban tapi merupakan pilihan masing-masing pribadi untuk menjaga dirinya sendiri.

"Soal lepas masker ini artinya bukan satu keseharusan namun bagi yang ingin menghindari virus lain untuk kesehatan pribadi ya silahkan," kata Kadis Kesehatan NTT, Rabu (18/5/2022).

Masyarakat memang tidak perlu lagi khawatir terhadap pandemi Covid-19, arahnya tidak lagi pandemi tetapi endemi, tetapi kebiasaan baik terkait kesehatan yang terjadi selama ini tetap bisa dipertahankan.

Baca Juga: Angin Kencang Landa NTT 20 Mei, BMKG Imbau Waspadai Kebakaran

Kebijakan untuk melepaskan masker ini pun dinilainya diambil pemerintah karena cakupan vaksinasi yang terus meningkat, positif rate yang berkurang, dan angka kematian langsung yang terus melandai, meski ada kematian khusus komorbid.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Museum Harus Dijadikan Sekolah Kedua

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:05 WIB
X